Breaking News:

Nasional

Menkominfo Jelaskan Perkembangan Layanan 5G di Indonesia Dalam Rapat dengan Komisi I DPR

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan hingga saat ini uji coba teknologi seluler 5G sudah dilakukan sebanyak 12

(KOMPAS.com/Haryantipuspasari)
Johnny G Plate di Jalan Bango I, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan hingga saat ini uji coba teknologi seluler 5G sudah dilakukan sebanyak 12 kali. 

Dalam uji coba 5G itu, Kominfo menggandeng lima operator seluler, yaitu Hutchison 3 Indonesia, Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata. 

"Dalam periode tahun 2017-2020, Kementerian Kominfo bersama lima operator seluler telah berhasil melaksanakan 12 kali uji coba 5G, termasuk saat Asian Games 2018 lalu," kata Johnny saat mengikuti rapat kerja yang digelar Komisi I DPR RI di Ruang Rapat, Senayan, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Dia tidak menyebutkan pasti kapan layanan 5G bisa hadir di Indonesia. 

Namun, setidaknya ada lima aspek kebijakan yang menjadi kunci pengembangan 5G di Tanah Air. 

Pertama mengenai regulasi. Kedua terkait spektrum frekuensi radio. Ketiga terkait model bisnis. Keempat terkait infrastruktur dan kelima terkait perangkat, ekosistem, serta talenta digital. 

"Dalam rangka menyediakan layanan 5G yang berkualitas bagi masyarakat luas dan pelaku industri, maka industri dan ekosistemnya perlu dikelola secara komprehensif dengan paling sedikit diberikan dukungan melalui aspek kebijakan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Johnny mengungkapkan hingga kuartal IV 2020, layanan 5G di dunia ada 135 operator di 52 negara telah meluncurkan layanan 5G secara komersial. 

Di kawasan Asia Pasifik, ada 10 negara yang telah mengkomersialisasi layanan 5G.

"Akan menyusul 11 negara lainnya yang saat ini statusnya telah mengumumkan rencana peluncuran komersial layanan ini," ucapnya. 

"Setidaknya sebayak 580 kali ujicoba oleh 219 operator di 100 negara. Uji coba ini paling banyak dilakukan di wilayah Eropa," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Rapat dengan Komisi I DPR, Menkominfo Jelaskan Perkembangan Layanan 5G di Indonesia

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved