Breaking News:

Ramadhan 2021

Muhammadiyah Imbau Masyarakat Shalat Berjemaah di Rumah Asal Terapkan Prokes

Adapun hal itu tertuang dalam Surat Edaran tentang Tuntunan Ibadah Ramadhan 1442H/2021 Masehi.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Ketua MUI Maluku, Abdullah Latupono menyebutkan sekitar lebih dari 30 masjid di Kota Ambon yang masih menggelar ibadah salat tarawih (29/04/2020) 

TRIBUNAMBON.COM - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau umat Islam yang tinggal di daerah yang terdapat kasus penularan Covid-19 untuk menjalankan ibadah shalat berjemaah saat bulan Ramadhan di kediaman masing-masing.

Adapun hal itu tertuang dalam Surat Edaran tentang Tuntunan Ibadah Ramadhan 1442H/2021 Masehi.

"Tetap dilakukan di rumah masing-masing dalam rangka menghindarkan diri dari penularan virus corona," demikian salah satu kutipan surat edaran tersebut, yang dikutip Selasa (6/4/2021).

Kendati demikian, penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, penggunaan masker dan mencuci tangan harus tetap dilakukan.

Muhammadiyah memperbolehkan umat Islam menjaga jarak dalam saf shalat selama masa pandemi Covid-19 dengan tujuan mencegah kemudharatan penularan.

Menggunakan masker saat shalat juga diperbolehkan untum mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, jemaah shalat juga terbatas hanya bagi masyarakat di sekitar masjid, musala atau langgar dengan pembatasan jumlah jemaah maksimal 30 persen dari kapasitas tempat atau sesuai arahan dari pihak yang berwenang.

Anak-anak, lansia, orang yang sedang sakit dan orang yang memiliki penyakit komorbid tidak dianjurkan mengikuti kegiatan berjemaah di masjid.

Para jemaah yang ingin shalat berjemaah juga diimbau membawa perlengkapan shalat sendiri.

Adapun pemerintah telah mengumumkan memperbolehkan pelaksanaan shalat tarawih berjemaah di luar rumah pada Ramadhan 2021.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved