Breaking News:

Nasional

Menteri PPPA Harap Kepala Desa Perempuan Jangkau Masalah Akar Rumput

Kepala desa perempuan juga dinilainya paling mengetahui cara mewujudkan pembangunan yang mengarusutamakan gender.

(BBC News Indonesia)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengunjungi Waingapu, Sumba awal Juli untuk membahas permasalah kawin tangkap. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, perempuan yang menjadi kepala desa diharapkan mampu menjangkau permasalahan yang dialami masyarakat.

Kepala desa perempuan juga dinilainya paling mengetahui cara mewujudkan pembangunan yang mengarusutamakan gender.

"Kepimpinan kepala desa perempuan dalam institusi masyarakat paling dasar diharapkan mampu menjangkau permasalahan akar rumput yang dialami oleh masyarakat," ujar Bintang dikutip dari situs resmi Kementerian PPPA, Senin (5/4/2021).

"Kepala desa perempuan sebagai garda terdepan dirasa paling mengetahui bagaimana mewujudkan pembangunan yang mengarusutamakan gender, ramah terhadap perempuan dan peduli terhadap anak," ujar dia.

Menurut Bintang, perempuan yang akan menduduki posisi kepala desa membutuhkan perjuangan yang berat dan melewati banyak masa-masa sulit.

Dengan demikian, peran dan tanggung jawab sebagai seorang perempuan pun harus ditunjukkan sebaik mungkin dengan kerja-kerja nyata.

"Kita tunjukkan kalau perempuan diberi kesempatan tidak ada istilah tidak mungkin dan tidak bisa. Maka dari itu apa yang dilakukan oleh Kepala Desa perempuan semua sudah sangat luar biasa dan saya yakin bisa bersaing dengan Kepala Desa laki-laki,” kata Bintang.

Dalam kesempatan tersebut, Bintang memastikan bahwa Kementerian PPPA mendukung seluruh kinerja kepala desa perempuan.

Salah satunya dengan mengajak para kepala desa mendeklarasikan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

"Diharapkan ke depannya kepala desa dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang mendukung pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desanya," ucap dia.

Selain itu, kepala desa perempuan diharapkan aktif untuk menghapuskan tingkat kekerasan perempuan dan anak di desanya, serta berpartisipasi aktif dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PPPA Harap Kepala Desa Perempuan Jangkau Masalah Akar Rumput".

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved