Breaking News:

Paskah 2021

5 Fakta Soal Paskah: Istilah hingga Jumlah Konsumsi Permen selama Perayaan

Minggu Paskah atau dikenal dengan Minggu Kebangkitan adalah salah satu hari raya penting dalam setahun bagi orang Kristiani.

Courtesy/IG Diolycosmetic
Alustrasi Telur Paskah 

TRIBUNAMBON.COM - Minggu Paskah atau dikenal dengan Minggu Kebangkitan adalah salah satu hari raya penting dalam setahun bagi orang Kristiani.

Perayaan Paskah biasanya identik dengan telur hias dan kelinci, menurut fakta yang dilansir dari History, itu merupakan akar dari tradisi dari zaman sebelumnya. Berikut fakta-fakta menarik terkait perayaan Hari Paskah dari beberapa sumber:

1. Istilah Paskah

St Bede Vnerable, penulis abad ke-6 dari Sejarah Gerejawi Rakyat Inggris, menyatakan istilah Paskah dari kata Inggris berasal dari "Eostre" atau "Eostrae", dewi musim semi dan keseburan, Anglo-Saxon, seperti yang dilansir dari History. 

Dewi Anglo-Saxon dihormati di festival Pagan yang merayakan datangnya musim semi, yang selanjutnya menyoroti perpaduan tradisi Pagan dengan hari libur Kristen.

2. Budaya warisan

Melansir History, ada banyak tradisi masa Paskah dengan akar yang dapat ditelusuri ke perayaan non-Kristen atau bahkan non-agama. Tradisi Paskah yang memiliki akar dari budaya non-agama contonya terkait permainan telur.

Diyakini bahwa telur mewakili kesuburan dan kelahiran dalam tradisi pagan tertentu yang mendahului agama Kristen.

Sedangkan kelinci Paskah, tidak diketahui pasati asal muasalnya. Namun, beberapa sejarawan percaya bahwa tradisi itu tiba di Amerika bersama imigran Jerman pada 1700-an.

Dalam banyak budaya, kelinci dikenal suka memiliki banyak anak, sehingga kedatangan bayi kelinci di padang rumput musim semi dikaitkan dnegan kelahiran dan pembaruan.

Halaman
123
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved