Breaking News:

Maluku Terkini

Masih Ada Satu Kursi Kosong di DPRD Maluku

Satu kursi kosong ini adalah jatah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kosong hampir dua tahun.

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Fandi Wattimena
Tampak Kantor DPRD Maluku 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Setelah terisi satu kursi kosong dari Partai Perindo, kini tersisa satu kursi kosong lainnya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku.

Satu kursi kosong ini adalah jatah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kosong hampir dua tahun.

“Dari 43 anggota, kini sudah terisi 1 anggota dari Partai Perindo jadi sudah 44 anggota. Sekarang sisa 1 kursi jatah Partai Gerindra yang sampai sekarang masih kosong,” kata Lucky Wattimury kepada wartawan di Balai Rakyat Karang Panjang Ambon, Kamis (1/4/2021).

Ia menerangkan, total kursi di DPRD Maluku sebanyak 45 anggota, namun baru terisi 44 kursi setelah dilantiknya Mauren Vivian asal Partai Perindo yang menggantikan Almarhum Usama Namakule, dan sekarang tinggal 1 kursi kosong jatah Partai Gerindra yang sudah hampir dua tahun ini belum juga dikonfirmasi oleh pihak partai terkait kursi kosong tersebut.

Dengan ini, dirinya mengharapkan agar pihak Partai Gerindra bisa segera mengajukan anggotanya untuk mengisi kursi kosong yang ada.

“Saya berharap proses internal Partai Gerindra bisa segera diselesaikan dengan cepat agar 45 anggota ini semuanya bisa lengkap,” ungkap Wattimury.

Untuk diketahui, sejak pemilu legislatif 2019 lalu, Partai Gerindra berhasil meraih satu kursi di daerah pemilihan Kota Ambon, dengan peraih suara terbanyak yakni Robi Gaspersz.

Baca juga: Desak Cabut Surat Pemecatan, DPRD Beri Waktu Seminggu untuk RSUP dr J. Leimena

Baca juga: Kunci Sukses Ala Jenderal Murad Ismail

Tak terima, Johan Lewerisaa Gaspersz, di dapil Kota Ambon, mengajukan gugatan di Mahkamah Konstitisi (MK). 

Sayangnya, MK menolak gugatan Lewerissa, sehingga KPU Maluku kemudian menetapkan dan mengusulkan 45 calon anggota DPRD Maluku periode 2019-2024 untuk dilantik. Setelah ditolak, Lewerissa kembali mengadukan Gaspersz ke mahkamah Partai Gerindra, sehingga atas dasar itu, DPP Gerinda menyurati Mendagri Tjahyo Kumolo agar tidak melantik Gaspersz.

Nama Gaspersz, akhirnya tidak disertakan dalam SK pelantikan 45 anggota dewan terpilih (16/09/2019) lalu.

Hingga saat ini, kursi kosong jatah Partai Gerindra masih belum terisi. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved