Breaking News:

Update Covid19

Satgas Covid-19: Penggunaan Masker Turun Sejak Pelaksanaan Vaksinasi

Ia mengatakan, masyarakat harus memahami bahwa vaksin Covid-19 yang telah disuntikan ke dalam tubuh membutuhkan waktu untuk membangun antibodi.

TribunAmbon.com/Helmy
AMBON - Seorang Mahasiswa Universitas Pattimura kabur saat terjaring pada operasi yustisi di Pasar Mardika Kota Ambon, Senin (1/2/2021). 

TRIBUNAMBON.COM - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan, berdasarkan hasil monitoring, masyarakat mulai melonggarkan penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

Ia mengatakan, penggunaan masker menjadi rendah sejak sebagian masyarakat melaksanakan vaksinasi.

"Menjaga jarak selalu lebih rendah dari memakai masker, tetapi penggunaan masker sempat turun, makanya sesuai arahan pak Doni kita buat tagline ingat pesan ibu. Vaksin melindungi kita, namun tetap harus 3 M," kata Sonny dalam Talkshow BNPB secara virtual, Senin (29/3/2021).

Sonny mengatakan, vaksinasi Covid-19 bukan satu-satunya cara untuk mengakhiri pandemi.

Ia mengatakan, masyarakat harus memahami bahwa vaksin Covid-19 yang telah disuntikan ke dalam tubuh membutuhkan waktu untuk membangun antibodi.

"Kita juga harus sadar tidak ada satu pun vaksinnya 100 persen, tidak akan melindungi 100 persen, artinya kalau efikasi Sinovac 65 persen, kalau orang divaksin maka probabilitas dia untuk terkena Covid-19 itu turun," ujarnya.

Oleh karenanya, ia meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sampai kekebalan komunitas (herd immunity) tercapai. Lebih lanjut, Sonny mengatakan, protokol kesehatan 3M, pelaksanaan 3T dan vaksinasi harus berkolaborasi untuk menangani pandemi Covid-19. "3 M saja tidak cukup, 3 T saja tidak cukup, vaksinasi saja tidak cukup maka kombinasi ini menjadi sangat penting," pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga Minggu (28/3/2021), jumlah masyarakat yang sudah selesai divaksinasi (dosis pertama dan kedua) mencapai 3.246.455 orang.

Adapun masyarakat yang divaksinasi yakni dari kalangan tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia.

Mereka adalah sasaran pada program vaksinasi tahap kedua. Sementara itu, jumlah warga yang baru disuntik vaksin dosis pertama yakni 7.243.202 orang. Hingga tahap kedua ini, pemerintah menargetkan 40.349.051 orang yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Covid-19: Penggunaan Masker Turun Sejak Pelaksanaan Vaksinasi".

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved