Breaking News:

Kebakaran Kilang Minyak di Balongan

Komisi VII DPR Segera Panggil Pertamina Bahas Kebakaran Kilang Minyak di Balongan

Komisi VII DPR segara memanggil direksi PT Pertamina untuk meminta penjelasan terkait peristiwa kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa B

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy/ Tribun Cirebon
Kilang milik PT RU VI Balongan Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Komisi VII DPR segara memanggil direksi PT Pertamina untuk meminta penjelasan terkait peristiwa kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari.

" Komisi VII DPR RI akan segera memanggil direksi Pertamina untuk meminta penjelasan atas kronologis peristiwa ini. Harus ada upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno, Senin.

Ia mengaku prihatin atas insiden kebakaran ini karena kilang Balongan merupakan kilang yang sangat vital bagi pengolahan minyak mentah nasional.

Ia pun mendesak Pertamina untuk segera mempersiapkan langkah-langkan pemulihan operasi kilang Balongan.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional itu pun berharap kebakaran dapat segera teratasi agar tidak menjalar ke permukiman warga.

"Tentu kita semua berharap kebakaran ini bisa segera teratasi dan secepatnya dilakukan pencegahan agar tidak menjalar ke pemukiman warga. Mereka yang jadi korban juga segera mendapatkan perawatan," kata dia.

Diberitakan, kilang minyak milik PT Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin dini hari. Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengungkapkan insiden kebakaran di Kilang Balongan terjadi pada pukul 00.45 WIB.

"Telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari," ujar Ifki seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin.

Ifki menjelaskan, saat ini tim Health Safety Security & Environmental (HSSE) tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ifki menyatakan, hingga saat ini belum diketahui penyebab dari kebakaran. Namun, saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Pihak Pertamina pun tengah melakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

"Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu," jelas Ifki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran Kilang Minyak di Balongan, Komisi VII DPR Segera Panggil Pertamina".

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved