Breaking News:

Vaksin AstraZeneca

Adonia Rerung Sebut Vaksin AstraZeneca Aman Digunakan

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Maluku, dr. Adonia Rerung menyebutkan vaksin astrazeneca aman digunakan.

Courtesy / Kompas.com
Vaksin AstraZeneca(flickr) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Juru bicara vaksinasi Covid-19 Maluku, dr. Adonia Rerung menyebutkan vaksin astrazeneca aman digunakan.

Hal ini ia sampaikan guna mengklarifikasi adanya isu terkait laporan 10 anggota brimob yang merasa sakit usai menerima vaksin astrazeneca beberapa waktu lalu.

“Itu merupakan masa uji coba, kalau rasa sakit itu biasa, sama halnya dengan vaksin-vaksin yang lain. Kalau ada keluhan itu namanya gejala ikutan saja,” kata Adonia Rerung saat dikonfirmasi TribunAmbon.com melalui telepon, Senin (29/3/2021).

Ia menerangkan, yang dikeluhkan para anggota brimob usai divaksin itu merupakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan hal itu merupakan sesuatu yang biasa terjadi usai penyuntikan vaksin.

Dia melanjutkan, sama halnya dengan vaksin yang telah digunakan sebelumnya yakni vaksin sinovac. Dimana efek samping yang dirasakan para penerima vaksin, antara lain merasa kenyang, lapar, hingga pusing. Namun, itu merupakan hal yang wajar.

Selain itu, walaupun vaksin AstraZeneca ini haram hukumnya digunakan karena dalam tahapan proses menggunakan tripsin yang berasal dari enzim babi namun bisa tetap digunakan dalam kondisi tertentu.

“Tentunya dari kebijakan yang diambil pemerintah untuk penggunaan vaksin AstraZeneca sudah tentu mereka juga telah mendengar pendapat dari para ulama sehingga kebijakan ini bisa disepakati,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau agara masyarakat Maluku terutama Kota Ambon diharapkan tidak perlu takut dan khawatir saat menerima vaksin AstraZeneca tersebut.

Untuk diketahui, vaksin AstraZeneca sudah tiba di Maluku sejak pekan lalu dengan jumlah yang pertama yaitu 2500 vial, ditambah lagi dengan 900 vial.

Dari 900 vial yang telah tiba, 750 vial diperuntukan bagi TNI serta 150 vial diantaranya diperuntukan bagi polisi.

Adapun pengiriman vaksin astrazeneca tersebut sementara ini hanya diperuntukan untuk Kota Ambon saja, belum ke kabupaten/kota lainnya yang ada di Maluku.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved