Breaking News:

Vaksinasi Covid 19

Update 24 Maret 2021, Total 19.533 Warga Ambon Telah Divaksinasi Covid 19

Penerima vaksin itu terdiri dari petugas kesehatan, petugas layanan publik serta para penduduk lanjut usia (lansia).

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Salama Picalouhata
Tanita Pattiasina
Salah seorang pedagang di Pasar Mardika Ambon tengah disuntik Vaksin Sinovac di Terminal I Mardika, Kota Ambon, Kamis (18/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM –  Sebanyak 19.533 warga Kota Ambon telah divaksin virus corona (Covid-19) yang terdiri dari petugas kesehatan, petugas layanan publik serta para penduduk lanjut usia (lansia). Jumlah tersebut terhitung hingga Selasa (23/3/2021) kemarin.

Pemberian Vaksin Sinovac itu telah berlangsung sejak tiga bulan yang lalu.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19, Joy Adrianz, kemarin malam.

“Penerima vaksin tersebut terdiri dari warga lanjut usia (lansia) 5.482 orang, pendidik 4.920, tokoh agama 225, pegawai BUMN 943, nakes 4.954, anggota TNI/Polri 1.945, ASN, 1.069, pedagang 887, Sopir 332, dan wartawan 31 orang,” kata Adrianz.

Pemberian vaksin tahap kedua selanjutnya di pusatkan di Sport Hall, Karang Panjang, Ambon dan juga dilaksanakan di puskesmas, instansi-instansi serta dilakukan secara massal di Terminal I Pasar Mardika, Ambon.

Baca juga: Kemenkes Bakal Vaksinasi 57 Ribu Lansia Calon Jemaah Haji Sambil Tunggu Kepastian dari Arab Saudi

Baca juga: Ada Agenda Lain, Presiden Jokowi Batal Tinjau Vaksinasi di Namlea

Lanjutnya, vaksinasi di pasar Mardika dilakukan untuk menyasar para pedagang dan sopir angkutan umum (angkot) di Kota Ambon.

Adrianz memastikan vaksinasi covid-19 ini tergolong aman, pasalnya belum ada laporan dampak buruk setelah di suntik.

“Sejauh ini belum ada laporan dampak ikutan pasca vaksin yang mengkhawatirkan, kalau reaksi pusing dan sakit di bagian lengan yang disuntik itu biasa. Ada juga warga yang takut atau trauma jarum suntik sehingga berdampak secara psikologis, tetapi hanya sebagian kecil saja. Jadi vaksin ini sepenuhnya aman,” jelasnya.

Dia menambahkan, Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di RSUP dr. Leimena, Ambon, Kamis (25/3/2021).

“Salah satu agenda kunjungan Presiden adalah untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid berjalan dengan baik dan lancar, oleh sebab itu mari kita terus dukung vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid 19. Jangan takut divaksin, vaksin aman dan halal,” ungkapnya.

Adrianz berpesan agar warga yang terdaftar sebagai prioritas penerima vaksin untuk segera mengikuti vaksinasi di Puskesmas terdekat dengan begitu kekebalan kelompok atau herd immunity dapat terbentuk secepatnya.

“Makin banyak yang divaksinasi, semakin banyak yang terlindungi dari penyebaran Covid-19,” kata Adrianz. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved