Breaking News:

Hari Air Sedunia

Turun Aksi Bersih-Bersih di Pesisir Pantai Seilale, Anna Latuconsina; Perlu Adanya Regulasi

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Anna Latuconsina menyarankan perlu adanya regulasi yang mengatur baik tentang pembuangan maupun hingga pengo

TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Anna Latuconsina saat melakukan aksi bersih-bersih pesisir pantai Seilale, Nusaniwe, Ambon, Minggu (21/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Anna Latuconsina menyarankan perlu adanya regulasi yang mengatur baik tentang pembuangan maupun hingga pengolahan sampah di Maluku.

Hal ini disampaikannya menyikapi kondisi lingkungan di pesisir pantai Teluk Ambon yang masih dipenuhi sampah.

“Jadi solusinya adalah bagaimana mengatur regulasi yang baik tentang cara pengolahan sampah,” ujar Anna saat turun aksi bersih-bersih bersama komunitas anak muda peduli lingkungan, the Mulungs di Desa Seilale, Nusaniwe, Ambon, Minggu (21/3/2021).

Menurutnya, jika hal itu tidak segera dilakukan, masyarakat Maluku khususnya di Ambon akan terus memanfaatkan laut sebagai tempat pembuangan sampah.

Sampah yang dibuang tidak hanya merusak laut, tetapi juga akan terbawa arus ke kawasan pesisir lainnya di Teluk Ambon, seperti Pantai Seilale itu.

“Saya sengaja bergabung dengan The Mulung untuk membersihkan sampah disini, berhubung lokasi ini memiliki banyak sampah kiriman,” kata Anna.

Dia melanjutkan, aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan The Mulungs bersama komunitas anak muda peduli lingkungan itu merupakan gebrakan positif untuk sekaligus mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Kata dia, masalah sampah dan kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab semua orang.

Dengan banyaknya tumpukan sampah di kawasan itu, perlu ada aksi bersama baik dari komunitas anak muda, kelompok masyarakat maupun pemerintah setempat.

Dia menambahkan, dari pemerintah setempat telah membuat program bank sampah, namun hal itu masih belum bisa mengikat warga agar tidak membuang sampah ke laut.

Sementara itu, anggota the Mulungs, Olivya Jasso mengatakan aksi bersih pantai Seilale itu melibatkan banyak pihak, mulai dari komunitas anak muda, seperti Komunitas Generasin Baru Indonesia (Genbi), Dinas Pariwisata Provinsi Maluku dan Anggota DPD RI, Anna Latuconsina.

“Kegiatan pembersihan pantai ini kami sengaja mengundang beberapa pihak terkait agar mereka juga mengetahui kondisi di lapangan secara langsung,” tutur Olivya Jasso.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved