Breaking News:

Hari Air Sedunia

Peringati Hari Air Sedunia, Plt. Kadis Pariwisata Maluku Ikut Bersihkan Kawasan Pantai Seilale

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marcus J. Pattinama turut serta membersihkan pantai Seilale, Nusaniwe, Ambon, Minggu (2

TribunAmbon.com/Dedy
AMBON: Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marcus J. Pattinama turut serta membersihkan pantai Seilale, Nusaniwe, Ambon, Minggu (21/3/2021). 

Laporan Wartawan, TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Marcus J. Pattinama turut serta membersihkan pantai Seilale, Nusaniwe, Ambon, Minggu (21/3/2021).

Kegiatan bersih-bersih itu digelar komunitas The Mulungs dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia.

Pattinama menjelaskan keikutsertaanya dalam acara tersebut berawal dari postingan yang viral di sosial media oleh aktivis lingkungan, Olivia Jasso beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya, mulai dengan video yang diunggah oleh adik Olivia, kemudian viral sampai di Jakarta dan saya dikirim videonya oleh rekan saya, langsung saya kirimkan seluruh staff saya untuk melihat langsung,” kata dia.

Menurutnya, sampah bertumpuk di pesisir pantai ini adalah sampah kiriman dari wilayah pesisir pantai lain, kemudian terbawa arus hingga ke pesisir Pantai Seilale.

“Kami berkesimpulan bahwa sampah yang ada di pantai yang sangat indah ini adalah sampai dari daerah lain yang terbawa arus hingga ke pantai ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, penanganan sampah ini harus dimulai dari penuntasan akar masalahnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau untuk masyarakat agar tidak saling menyalahkan dalam penanganan sampah di laut maupun di pesisir pantai.

“Kita tidak usah saling menyalahkan, yang penting kita harus saling berkolaborasi, untuk sama-sama saling membantu membenahi pantai yang kotor,” ujarnya.

Kata dia, pihaknya akan dengan serius merangkul Komunitas The Mulungs dalam rangka pembenahan lokasi pariwisata yang terdampak sampah.

“Kami tidak akan biarkan mereka (The Mulungs) bergerak sendiri, nantinya apa yang mereka butuhkan akan kami fasilitasi semampu kami, demi kebaikan pariwisata kita,” tandasnya.(*)

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved