Breaking News:

Ambon Terkini

Resmikan Saniri dan BPD Sejumlah Negeri, Wali Kota Ambon: Saniri dan Raja punya Kedudukan Sama

Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy menegaskan, Saniri Negeri dan Raja Negeri memiliki kedudukan yang sama dari segi pemerintahan.

TribunAmbon.com/Tanita
AMBON: Proses pengambilan sumpah oleh Saniri Negeri Batu Merah, PAW Saniri Desa Halong, Rumah Tiga dan BPD Negeri Hunuth, di Balai Kota Ambon, Jumat (19/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tania Patiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy menegaskan, Saniri Negeri dan Raja Negeri memiliki kedudukan yang sama dari segi pemerintahan.

“Saya ingatkan saniri ini seperti DPRD di negeri, saniri punya kedudukan yang sama dengan raja dari segi pemerintahannya,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat meresmikan Saniri dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada sejumlah Daerah Kota Ambon, di Balai Kota Ambon, Jumat (19/3/2021).

Louhenapessy menjelaskan perbedaan hanya di Saniri yang menjalankan fungsi legislatif.

“Cuma bedanya, fungsi-fungsi legislatif dilaksanakan oleh Saniri dalam membuat program harus saniri bersama-sama dengan Raja. Oleh karena itu APBD itu ditandatangani oleh Saniri dan Raja, tidak boleh Raja saja,” tegasnya.

Saniri dan Raja harus saling mengevaluasi dan memperhatikan satu sama lain agar kesejahteraan rakyat dapat tercapai.

“Kalau Raja ada keliru, itu Saniri punya kewajiban untuk memberikan peringatan supaya kesejahteraan rakyat tercapai. Tapi, saniri tidak boleh memposisikan diri sebagai Raja,” ungkapnya.

Menurutnya, Raja itu yang melaksanakan tugas pemerintahan dan dia tidak bisa mengabaikan saniri.

Dia menambahkan, pengecualian diberikan kepada Saniri Raja Patih, karena tugasnya berbeda dengan Saniri besar dan lengkap.

“Kecuali saniri raja patih, Saniri raja patih adalah pembantu pelaksana dari raja yang diangkat dari peruntukan oleh raja tapi saniri besar dan lengkap tidak bisa,” jelasnya.

Pada acara itu diresmikan Saniri Negeri Batu Merah berjumlah sembilan orang yang berasal dari tiap mata rumah.

Serta, peresmian Pergantian Antar Waktu (PAW) satu anggota Saniri Desa Negeri Halong dan satu orang anggota saniri Rumah Tiga serta satu orang anggota BPD Negeri Hunuth Durian Patah.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved