Breaking News:

Ambon Hari Ini

PMKRI Cabang Ambon Demo Balai Sungai Menyoal Pencemaran Lingkungan

Dalam orasinya, mahasiswa menuntut Balai Wilayah Sungai segera menyikapi dampak kerusakan yang ditimbulkan dari proyek pengerjaan cek dam itu.

TribunAmbon.com/ Dedy Azis
Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ambon menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku 

Laporan Wartawan, TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ambon menggelar aksi unjuk rasa memprotes aktifitas pengerjaan tanggul penghambat atau cek dam di kawasan Desa Ahuru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Aksi protes itu digelar di depan Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, J. Mr. Chr. Soplanit, Rumahtiga, Ambon, Jum'at (19/3/2021) pagi.

Pengunjukrasa membawa spanduk dan sejumlah poster berisi tuntutan aksi, juga berorasi secara bergantian.

Dalam orasinya, mahasiswa menuntut Balai Wilayah Sungai segera menyikapi dampak kerusakan yang ditimbulkan dari proyek pengerjaan cek dam itu.

Koordinator aksi, ujar Christian Rettob menyatakan warga setempat terdampak dengan pengerjaan proyek yang telah berlangsung lebih dari satu bulan itu.

Baca juga: Kasrul Selang Tegaskan Penataan Kawasan Islamic Centre Sudah Sesuai Peruntukan

Diantaranya, terjadi pencemaran air hingga rusaknya ruas jalan akibat lalu lalang alat berat.

"Kerjasama antara Balai Wilayah Sungai Maluku dengan, PT. Dian Nugraha Sauntare, tidak memperhatikan lingkungan sekitar," ujar Rettob, Jumat.

"Proyek ini menyebabkan Pencemaran air, maupun kerusakan jalan yang disebabkan oleh kendaraan proyek yang lalu lalang," tambahnya.

Menurutnya, dampak yang terjadi itu lantaran Balai Wilayah Sungai tidak memperhatikan analisis dampak lingkungan (Amdal) dengan benar. (*)

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved