Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Darwin Lessy Menolak Lansia Disuntik Pakai Jatah Sisa Vaksin Milik Nakes di Maluku Tengah

Itulah alasan mendasar pihaknya tidak akan melakukan penyuntikan tahap pertama bagi lansia dengan menggunakan sisa vaksin yang ada.

TribunAmbon.com/Lukman
VAKSIN - Box Cold Chain (kotak rantai dingin) yang digunakan untuk menyimpan vaksin saat proses pendistribusian ke daerah di Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (26/1/2021) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit dan Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah, Darwin Lessy  mengatakan, sisa vial vaksin jatah tenaga kesehatan (nakes) di Maluku Tengah tidak bisa digunakan bagi lansia maupun lainnya.

Pasalnya, jatah vaksin itu sudah mendekati tanggal kadaluarsa.

 "Seng bisa katong (kita) gunakan itu lai karena sudah kaluarsa tanggal 20 Maret ini,"Kata Lessy kepada TribunAmbon.com di Masohi. Kamis (11/3/2021).

Kata dia, interval waktu saat vaksinasi pertama adalah 14 hari.

Itulah alasan mendasar pihaknya tidak akan melakukan penyuntikan tahap pertama bagi lansia dengan menggunakan sisa vaksin yang ada.

Selain itu tidak ada jaminan kapan pengiriman tahap pertama dari pemerintah pusat sampai ke kabupaten/kota.

"Kan batas waktunya 14 hari saja. Kadaluarsa tanggal 20, jadi sudah tidak bisa digunakan lagi karena sampe sekarang kita belum tahu kapan jatah untuk kabupaten tiba. Hingga sekarang kan kita belum tahu,"ujar Lessy.

Sebelumnya juru bicara untuk Vaksinasi Covid-19, dr. Adonia Rerung menyarankan pemerintah kabupaten/kota untuk menggunakan sisa vial vaksin jatah nakes bagi lansia dan tenaga pendidik PNS pada vaksin tahap kedua .

Hal itu dilakukan menyusul jatah untuk kabupaten/kota lainnya di Maluku hingga kini belum ada kepastian kapan akan dikirim dari pusat.

Namun sayang, saran jubir vaksinasi Maluku itu tidak bisa dilakukan lantaran vaksin sudah masuk tanggal batas waktu penggunaan (kadaluarsa) .

Halaman
Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved