Breaking News:

Penanganan Covid19

Satgas Minta Pemda Antisipasi Potensi Lonjakan Covid-19 akibat Libur Panjang

Dalam waktu dekat, terdapat masa libur panjang peringatan Isra Mi'raj, Kamis (11/3/2011) yang berdekatan dengan libur akhir pekan.

(DOK. Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah mengantisipasi potensi kenaikan kasus virus corona yang mungkin terjadi akibat libur panjang.

Dalam waktu dekat, terdapat masa libur panjang peringatan Isra Mi'raj, Kamis (11/3/2011) yang berdekatan dengan libur akhir pekan.

"Pemda diharapkan dapat mengantisipasi peluang kenaikan kasus yang umumnya terjadi saat libur panjang dengan pendekatan kedaerahan masing-masing," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/3/2021). 

Wiku meminta agar momen libur panjang kali ini menjadi pelajaran terakhir dari lima masa libur panjang sebelumnya. Ia menyebut, peningkatan kasus Covid-19 kerap terjadi setelah masa libur panjang.

"Mohon kerja samanya kepada masyarakat untuk bersabar dan bijak khususnya dalam melakukan kegiatan yang berisiko meningkatkan penularan seperti bepergian jarak jauh," ujarnya.

Wiku menuturkan, pada prinsipnya pandemi tidak seharusnya menghalangi masyarakat untuk tetap produktif.

Namun, ia mengingatkan bahwa produktivitas di masa pandemi harus sejalan dengan disiplin protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru masyarakat produktif aman Covid-19 perlu adanya proses yang bertahap, mulai dari melakukan prakondisi, menentukan waktu yang tepat, prioritasnya," kata Wiku.

"Melakukan koordinasi pusat dan daerah tentunya untuk pemerintah, dan terus melakukan monitoring dan evaluasi selama kegiatan berlangsung," ucapnya.

Sebelumnya, Wiku menyampaikan bahwa sepanjang satu tahun ke belakang ada implikasi kematian pada setiap masa libur panjang.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved