Breaking News:

Buronan Korupsi

Buron Kasus Korupsi SPMK BLK Maluku Ong Onggianto Dieksekusi ke Ambon Hari Ini

Kepala seksi penerangan dan hukum Kejaksaan Tinggi Maluku Samy Sapulette memastikan, terpidana Ong Onggianto yang ditangkap di Makassar, Selasa (9/3/2

TribunAmbon.com/ Mesya Marasabessy
Kantor Kejati Maluku di Jl. Sultan Hairun, Kota Ambon. 

TRIBUNAMBON.COM - Kepala seksi penerangan dan hukum Kejaksaan Tinggi Maluku Samy Sapulette memastikan, terpidana Ong Onggianto yang ditangkap di Makassar, Selasa (9/3/2021) akan digiring ke Ambon.

“Siang ini terpidana DPO yang telah ditangkap di Makassar itu akan tiba, untuk selanjutnya dieksekusi ke Lapas Kelas IA Ambon,” ungkap Sapulette melalui WhatsApp, Rabu (10/3/2021)

Namun, sebelum dibawah nanti ke Lapas terpidana kasus korupsi penandatanganan surat perintah mulai kerja (SPMK) fiktif tahun 2010 di Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Provinsi Maluku ini akan dibawa ke Kejati Maluku terlebih dahulu untuk keperluan administrasi.

Baca juga: Buron Selama 7 Tahun, Terpidana Korupsi Ong Onggianto Ditangkap di Royal Apartement Makassar

Seperti diberitakan, Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung RI bersama Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku berhasil mengamankan buronan tindak pidana korupsi atas nama Ong Onggianto.

Dia masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak tujuh tahun lalu.

Terpidana Onggianto merupakan Direktur CV Aneka.

Dia bersama Kepala Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Maluku Samuel Kololu dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hanny Samallo diduga telah melakukan tindak pidana korupsi.

Yakni, membuat dan menandatangani Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) fiktif tahun 2010 di BLK Maluku untuk kegiatan yang belum tercantum dalam DIPA.

SPMK fiktif itu disebutkan untuk pengadaan obat dan pembekalan Kesehatan, peralatan Laboratorium dan peralatan pemeriksaan Napza pada Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Maluku yang dibiayai APBD Tahun Anggaran 2010 telah diajukan oleh Terdakwa untuk jaminan kredit di Bank Maluku. (*)

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved