Breaking News:

News

Menteri PPPA Harap Perempuan Muda Tak Terjebak Budaya untuk Berkarya

Sebab, kata dia, hal tersebut akan berpengaruh terhadap masa depan dan kemajuan bangsa Indonesia karena mereka tak bisa berkarya dengan kemampuannya. 

Kompas.com
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga berharap para perempuan muda di Tanah Air tidak terjebak dengan budaya yang membatasi prinsip atau pemikiran bermanfaat.

Sebab, kata dia, hal tersebut akan berpengaruh terhadap masa depan dan kemajuan bangsa Indonesia karena mereka tak bisa berkarya dengan kemampuannya. 

"Saya menaruh harapan besar kepada perempuan Indonesia, khususnya perempuan muda untuk memajukan bangsa menggunakan kemampuan yang dimilikinya serta tidak terjebak dengan budaya dan adat yang menghalau untuk dapat berkembang," kata Bintang, dikutip dari situs resmi Kementerian PPPA, Jumat (5/3/2021).

Bintang ingin mengajak perempuan-perempuan muda, ibu-ibu, dan seluruh perempuan di pelosok Tanah Air agar tidak terbatasi oleh budaya atas prinsip dan pemikiran yang dimiliki.

Menurut dia, adat dan budaya harus tetap dihormati tetapi jangan sampai hal tersebut menjadi hambatan untuk menerima kesetaraan.

"Artinya kita hormat dengan adat dan budaya, tapi jangan sampai itu jadi kedok untuk kita tidak bisa menerima akses yang sama dalam menikmati dan berperan dalam pembangunan," ujar dia.

Oleh karena itu, ia pun mendorong setiap perempuan berani mengambil tampil pada setiap kesempatan yang ada.

Apalagi saat ini di Indonesia, akses dan manfaat pembangunan sudah semakin setara bagi perempuan dan laki-laki dan telah dijamin oleh konsitusi.

"Meski begitu, di samping akses dan kesempatan, terdapat faktor lain yang penting bagi kesetaraan dan pemberdayaan perempuan yakni keberanian untuk mengambil itu," kata dia.

Bintang pun optimistis bahwa perempuan Indonesia bisa maju, hebat dan berdaya khususnya bagi perempuan-perempuan muda yang punya kesempatan luar biasa.

Antara lain di bidang ekonomi melalui program Strategi Nasional Inklusi Keuangan Perempuan yang menyediakan dukungan bagi para perempuan untuk dapat mengakses permodalan, peningkatan kapasitas usaha, dan literasi keuangan.

Ada pula pelatihan wirausaha pemula yang diberikan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh perempuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PPPA Harap Perempuan Muda Tak Terjebak Budaya untuk Berkarya".

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved