Breaking News:

Protokol Kesehatan

Satgas Ingatkan Penyelenggara Penyiaran Terapkan Prokes di Setiap Program Tayangan

Wiku Adisasmito meminta penyelenggara penyiaran mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona dalam setiap program yang ditayangkan.

(DOK. Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta penyelenggara penyiaran mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona dalam setiap program yang ditayangkan.

Ia menyebut, penyelenggara penyiaran harus dapat memberi contoh yang baik kepada masyarakat. "Mengingat berbagai program televisi memiliki penonton dengan jumlah yang cukup banyak, maka diharapkan penyelenggara penyiaran dapat memberikan contoh yang baik dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga dapat juga diikuti oleh para penontonnya," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2/2021).

Menurut Wiku, saat ini Satgas Penanganan Covid-19 terus berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) untuk memastikan penyelenggara penyiaran menerapkan protokol kesehatan dalam setiap program tayangan.

Salah satu protokol yang ditekankan yakni penggunaan face shield dan masker, terutama pada program-program yang melibatkan lebih dari dua orang.

Baca juga: Harga Murah Jadi Alasan Pengguna Motor Tetap Pakai BBM Oktan Rendah di Ambon             

Baca juga: Berbeda, Pengendara Mobil Pilih Tak Pakai Bensin Oktan Rendah Karena Lebih Boros

"Para pelaku sektor media berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan baik di dalam acara seperti sinetron, reality show, variety show, pencarian bakat, host berita, dan talkshow," ujar Wiku.

Dalam waktu dekat, kata Wiku, pihaknya akan membentuk tim perumus SOP teknis penyelenggaraan penyiaran yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Perumusan SOP ini akan melibatkan KPI, perwakilan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), dan Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI).

Untuk diketahui, hingga saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir di Tanah Air. Jumlah pasien konfirmasi Covid-19 terus bertambah.

Data Satgas Covid-19 pada Selasa (23/2/2021) hingga Rabu (24/2/2021) mencatat, ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 7.533 orang.

Dengan demikian jumlah orang yang pernah terjangkit Covid-19 di Indonesia kini mencapai 1.306.141, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Dari angka itu, kasus aktif mencapai 157.705 kasus. Adapun kasus aktif adalah pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

Berita ini telah tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul yang sama.

Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved