Breaking News:

Cuaca

Tropical Storm Dujuan Picu Gelombang Tinggi 4 Meter di Sejumlah Wilayah Maluku

Peringatan dini gelombang tinggi masih berlaku hingga 21 Februari 2021.

Freepik
Tinggi gelombang 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Kepala Stasiun Meteorologi Ambon, Ashar mengatakan peringatan dini gelombang tinggi masih berlaku hingga 21 Februari 2021.

“Saat ini terdapat tropical storm 'Dujuan' di Samudera Pasifik timur Filipina yang berpengaruh pada ketinggian gelombang,” ujarnya, Sabtu (20/2/2021).

Ashar mengatakan, mengatakan pola angin di utara Indonesia umumnya bergerak dari arah barat laut sampai timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 35 knot.

Sementara di wilayah Indonesia selatan umumnya angin bergerak dari arah barat daya ke barat laut dan kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna, Laut Flores, Perairan Kep. Talaud, Samudra Pasifik utara Halmahera.

 “Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut,” ujarnya.

Ashar mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca, gelombang setinggi 4 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan laut Maluku seperti di Laut Banda Selatan, Perairan Tanimbar, Perairan Kai, Perairan Aru, dan Laut Arafuru.

 “Di perairan itu diperkirakan tinggi gelombang akan mencapai 4 meter,” kata Ashar, Jumat, (19/2/2021).

Menurutnya, peringatan dini adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan Maluku itu akan berlaku sejak hari ini hingga besok.

Dia melanjutkan, untuk wilayah perairan Seram Bagian Timur dan Seram Bagian Barat tinggi gelombang masih dalam kategori sedang, yakni berkisar 1.25 sampai 2.50 meter.

Perairan Ambon – Lease dan Perairan Buru juga masuk dalam kategori sedang.

Dia mengimbau kepada warga yang tinggal di pesisir pantai agar dapat mewaspadai gelombang tinggi di daerah-daerah tersebut.

 “Demi keselamatan di laut, kami mengimbau agar sebaiknya warga, khususnya nelayan, dapat lebih waspada dan sebaiknya tidak pergi melaut di perairan-perairan yang berpotensi gelombang tinggi,” ujarnya.

Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved