Breaking News:

Ambon Terkini

Masa Jabatan Kadaluarsa, Tiga Saniri Negeri Batu Merah Diberi Waktu 1 Minggu Segera Lantik Baru

DPRD Kota Ambon beri waktu satu minggu kepada ketiga mata rumah di Negeri Batu Merah untuk mengusulkan saniri baru agar bisa segera dilantik.

TribunAmbon.com/Mesya
AMBON - Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes menyampaikan pemberian waktu selama satu minggu untuk mengusulkan saniri Batu Merah kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Ambon, Rabu (17/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon beri waktu satu minggu kepada ketiga mata rumah di Negeri Batu Merah untuk mengusulkan saniri baru agar bisa segera dilantik.

Diketahui, tiga dari sembilan mata rumah di Batu Merah yakni mata rumah Masawoy, mata rumah Mamang, dan mata rumah Tahalua ini sudah melampaui tiga periode menjabat sebagai saniri Batu Merah sehingga dinyatakan kadaluarsa.

“Dikatakan kadaluarsa karena hasil konsultasi Pemerintah Kota Ambon yang ditugaskan oleh Wali Kota Ambon melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) bahwa memang tidak bisa melebihi 3 periode,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Ambon, Rabu (17/2/2021).

Ia menjelaskan, DPRD sudah melakukan mediasi dengan beberapa keputusan rekomendasi, yakni yang pertama berdasarkan seluruh regulasi di atas baik itu Peraturan Daerah (Perda) tentang Saniri Negeri, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri)110, Undang-Undang Nomor 6 tTahun 2014 Tentang Desa, dan Surat Edaran Mendagri 148, maka DPRD memberikan waktu satu minggu kepada tiga mata rumah ini untuk memproses pergantian personil yang baru.

“Tiga mata rumah ini kurang mendapat penjelasan hukum yang baik sehingga tadi kita minta mereka menjelaskan semua regulasi termasuk proses itu akan difasilitasi oleh pejabat dan diawasi oleh ibu camat,” tuturnya.

Ia menambahkan, mereka juga bisa paham terhadap aturan termasuk Surat Keputusan (SK) yang merupakan bukti yang menerangkan bahwa tiga personil dari tiga mata rumah ini telah kadaluarsa, karna SK periodenya ada dibagian Pemda Kota Ambon sehingga buktinya sangat jelas bahwa mereka sudah kadaluarsa.

Sambal menunggu ketiga mata rumah ini mengusulkan saniri baru hingga Jumat mendatang, semua pihak terkait di Negeri Batu Merah diharapkan bisa menahan diri.

“Jika sampai hari Jumat telah diusulkan, kita pastikan kalau hari Senin itu pelantikan saniri sudah berlangsung supaya masalah Batu Merah bisa selesai untuk proses lahirnya raja yang defenitif untuk memimpin Batu Merah menunggu kesejahteraannya,” pungkasnya.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved