Breaking News:

Wacana Revisi UU ITE, Ini 9 Pasal Karet yang Perlu Dibenahi Menurut Pengamat

Sejumlah pasal dalam UU ITE dianggap sebagai 'pasal karet' yang multitafsir dan penerapannya dinilai tak adil antara satu kasus dengan kasus lainnya.

Freepik
Sejumlah pasal dalam UU ITE dianggap sebagai 'pasal karet' yang multitafsir dan penerapannya dinilai tak adil antara satu kasus dengan kasus lainnya. 

TRIBUNAMBON.COM - Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sering kali menimbulkan permasalahan dalam penerapannya.

Sejumlah pasal yang ada di dalamnya dianggap sebagai 'pasal karet' yang multitafsir dan penerapannya dinilai tak adil antara satu kasus dengan kasus lainnya.

Menindaklanjuti hal itu, wacana revisi UU ITE pun kini ramai diperbincangkan.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada Senin (15/2/2021) mengatakan ia bisa meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merevisi UU ITE, apabila implementasinya dirasa tidak adil.

Sebab, menurut Jokowi, pasal-pasal dalam UU ITE atau Undang-undang No 11 Tahun 2008, bisa menjadi hulu dari persoalan hukum.

"Terutama menghapus pasal-pasal karet yang penafsirannya bisa beda-beda, yang mudah diinterpretasikan secara sepihak," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari Antaranews, Selasa (16/2/2021).

Sejak kemunculannya, UU ITE memang kerap menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Alasannya, beberapa butir dalam undang-undang tersebut dianggap membatasi kebebasan masyarakat dalam menyuarakan pendapatnnya di ruang maya.

Lantas pasal mana yang dimaksud?

Baca juga: Mengenal Sosok Syahganda Nainggolan, Aktivis KAMI yang Ditangkap dengan Dugaan Langgar UU ITE

Baca juga: Viral Video Bocah Dicekoki Miras, Pelaku Ditangkap Terancam UU ITE dan Perlindungan Anak

Pasal-pasal karet UU ITE

Dalam sebuah kicauan baru-baru ini, Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet), Damar Juniarto mengungkapkan ada sembilan pasal bermasalah dalam UU ITE.

Halaman
1234
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved