Breaking News:

Penjelasan Soal Dana Museum SBY di Pacitan, Demokrat: Bukan Permintaan SBY

Pemerintah Provinsi Jawa Timur disebut memberi dana hibah Rp 9 miliar untuk pembangunan Museum kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan.

ISTIMEWA
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono saat groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Kabupaten Pacitan, Sabtu (22/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur disebut memberikan dana hibah Rp 9 miliar untuk pembangunan Museum Kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dana hibah tersebut diduga berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diberikan kepada Yudhoyono Foundation.

Partai Demokrat dan Bupati Pacitan akhirnya buka suara atas isu tersebut.

Berikut fakta-fakta yang Tribunnews.com rangkum, Rabu (17/2/2021):

Usulan Pemkab Pacitan

Bupati Pacitan, Indartato mengungkapkan, Pemkab Pacitan pernah mengusulkan dana bantuan pembangunan Museum dan Galeri SBY-ANI kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Ceritanya dulu pemerintah daerah (Pacitan) mengusulkan kepada Ibu Gubernur (Pemprov), untuk memohon dukungan," ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

indartato 1
Bupati Pacitan Jawa Timur, ketika memberi klarifikasi terkait dana hibah 9 miliar untuk Yudhoyono Fondation, di ruang pertemuan kantor Bupati, Senin (15/02/2021).

Setelah usulan diterima, Kabupaten Pacitan menerima dana yang disebut sebagai bantuan keuangan khusus (BKK) dari Pemprov Jawa Timur pada 9 Desember 2020 lalu.

Pemkab Pacitan lalu memasukkan dana itu ke dalam APBD Pacitan 2021.

Museum SBY diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan.

Halaman
123
Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved