Breaking News:

Ambon Terkini

DPRD Ambon Mulai Keluhkan Kehadiran Alfamidi Sulitkan Pelaku UKM

DPRD Kota Ambon menerima keluhan dari sejumlah Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Salah satu bangunan gerai Alfamidi di Jalan Tulukabessy, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Rabu (17/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – DPRD Kota Ambon menerima keluhan dari sejumlah Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Keluhan itu terkait kehadiran gerai Alfamidi di Kota Ambon yang dipercaya penyebab menurunnya pendapatan UMKM.

Pasalnya, posisi bangunan gerai berdekatan dengan kios-kios kecil milik UMKM di kawasan Kota Ambon.

Berdasarkan data dari Dinas PU Kota Ambon, sebanyak 43 bangunan gerai Alfamidi yang terhitung memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Angka itu belum termasuk gerai Alfamidi yang dibangun menggunan bangunan milik orang lain.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Gunawan Mochtar mengatakan, saat ini UMKM cukup memprihatinkan akibat masuknya gerai Alfamidi di Ambon.

“Kehadiran Alfamidi sangat menyusahkan masyarakat kecil, jadi pembangunannya harus dibatasi,” kata Gunawan Mochtar kepada Wartawan di Gedung DPRD Kota Ambon, Rabu (17/2/2021).

Ia menerangkan, terdapat lima wilayah kecamatan di Kota Ambon dengan luas hampir 300 kilo meter persegi, sementara bangunan dari Alfamidi dan Indomaret saja melalui data IMB luasnya sudah 100 lebih kilo meter persegi karena cabangnya sangat banyak dan tersebar di Kota Ambon.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Lucky Leonard Upulatu Nikijuluw dalam rapatnya mengatakan, ”Kehadiran Alfamidi ini diketahui cukup memprihatinkan bagi pelaku usaha mikro di Kota Ambon,” kata Nikijuluw.

Ia menambahkan, dari masalah tersebut, sehingga Komisi III DPRD Kota Ambon mengundang pihak Alfamidi untuk menghadiri rapat kerja bersama Komisi III.

Sayangnya, hingga tiga kali panggilan, Alfamidi tak kunjung hadir.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved