Breaking News:

Edukasi

Gelar Pelatihan Kepemimpinan, Heka Leka Ajak Pemuda Mengenal Diri Sendiri

Ketika saling bercerita satu sama lain tentang diri mereka, pemuda pemudi ini memahami jika dari orang lain mereka juga bisa memahami tentang diri

TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Pemuda Pemudi Leitimur Selatan saat bermain games '2Truth 1lie' kegiatan Active Citizen di Balai Pemerintahan Negeri Ema, Kecamatan Leitimur Selatan, Jumat (5/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pristiwani S. Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Sebelum membangun negeri, cobalah untuk mengenal diri dan potensi yang ada didalamnya.

Inilah yang ditanamkan Heka Leka kepada pemuda pemudi dari Negeri Ema dan Hukurila saat menggelar pelatihan kepemimpinan, di desa Ema, Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, Jumat (5/2/2021).

Berbekal kertas notes dan alat tulis, pemuda pemudi yang berjumlah 20 orang ini berefleksi pandangan mereka pada diri sendiri.

“Saya seperti air ledeng dan kak Jo seperti air sungai,” ungkap Vetty Vera, salah seorang pemuda Negeri.

Lanjutnya, air ledeng dan air sungai sama-sama sumber kehidupan, mereka berharap dapat bermanfaat dan menjadi berkah buat yang lainnya.

Ketika saling bercerita satu sama lain tentang diri mereka, pemuda pemudi ini memahami jika dari orang lain mereka juga bisa memahami tentang diri mereka.

“Pas cerita tadi ada koneksi yang muncul satu sama lain, juga ternyata pas dengar kakaknya cerita, ternyata saya juga punya hal yang sama dengan dia,” lanjut Vetty.

Heka Leka – WEA Latih Guru PAUD Manfaatkan Sampah Jadi Alat Peraga

Projek Manajer Yayasan Heka Leka, Ega mengatakan, mengenali diri dan menganalisa potensi diri hanya sebagai langkah awal.

“Setelah tahu potensi, mereka bisa menganalisa kebutuhan masyarkat juga,” lanjut Ega.

Ega mengatakan, banyak pemuda pemudi yang sudah aktif melakukan kegiatan sosial, tapi kadang tidak sesuai dengan realita yang dibutuhkan masyarakat.

Ia melanjutkan, pelatihan yang dinamakan Active Citizen ini perlu dilakukan agar program atau kegiatan yang nantinya pemuda pemudi ini rancangkan dapat tepat sasaran dan berkelanjutan.

Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama empat kali, tanggal 5 dan 6 Februari 2021 serta tanggal 11 dan 13 Februari 2021 di Balai Pemerintahan Negeri Ema.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Fandi Wattimena
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved