Breaking News:

Gempabumi

Dua Gempa Guncang Maluku Tengah dan Pulau Buru, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,4 magnitudo guncang Maluku Tengah, Sabtu (30/1/2021), guncangan susulan 3,1 magnitudo terjadi tiga jam kemudian.

TribunAmbon.com / courtesy BMKG Ambon
Gempabumi berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang Maluku Tengah, Sabtu (30/1/2021) meski tidak berpotensi tsunami namun warga merasakan guncangan cukup kuat di dalam rumah, gempa susulan 3,1 magnitudo terjadi tiga jam kemudian. 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Dua guncangan gempa terjadi di Maluku Tengah Sabtu (30/1/2021) siang, meski guncangan cukup besar namun tidak ada potensi tsunami dan kerusakan apapun.

Kepala Seksi Data & Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Pattimura Ambon, Andy Azhar Rusdi memastikan tidak terjadi kerusakan saat gempa terjadi di Maluku Tengah.

Kepada TribunAmbon.com yang menghubungi via sambungan telepon Andy Azhar menyatakan  guncangan gempa teknonik ini cukup kuat yakni bermagnitudo 5,4.

Baca juga: Pemkot Ambon Siap Salurkan Dana Stimulan Tahap 1 Korban Gempa Maluku, Ada Tiga Tahapan

Gempa terjadi pukul 14.17.17 WIT Sabtu siang, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  magnitudo 5,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,91 LS dan 129,5 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 74 km arah Timur Laut Maluku Tengah, Maluku, pada kedalaman 10 km.

Menurut Andy Azhar, dari  lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas Subduksi Utara Seram.

Baca juga: Takut Disalahgunakan Masyarakat, Dana Korban Gempa Maluku 2019 Ditunda Penyalurannya

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar ( oblique thrust fault ). 

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Sekitar tiga  jam kemudian gempa susulan bermagnitudo 3, 5   terjadi sekitar pukul 17.44 WIT Sabtu sore, dan terasa di kawasan  Wahai dan Sawai Maluku Tengah.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Maluku Minggu 31 Januari 2021, Enam Wilayah Berpotensi Hujan hingga Angin Kencang

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara gempa berkekuatan 3,1 magnitudo juga terjadi di Kawasan Airbuaya Kepulauan Buru, Maluku pada pukul 18. 14 WIT Sabtu petang.

Namun tidak terjadi kerusakan maupun berpotensi tsunami.

Andy Azhar menghimbau, masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

‘’Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak karena oleh gempa. periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,’’katanya

Penulis: Fandi Wattimena
Editor: v
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved