Breaking News:

Vaksinasi

9 dari 10 Pejabat Forkopimda Maluku Tengah Gagal Divaksin

Sementara itu, tujuh pejabat Forkopimda divonis mengalami tekanan darah tinggi diatas  140/90 mmHg.

TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal saat melalui screening pelaksanaan Vaksinasi, Rabu (27/1/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM,- Sembilan dari 10 pejabat Forkopimda Maluku Tengah gagal mengikuti vaksinasi perdana, Rabu (27/1/2021) pagi.

Mereka tidak lolos screening kesehatan lantaran mengalami tekanan darah tinggi dan faktor usia yang melebihi ambang batas vaksinasi.

Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal dan Wakil Bupati, Marlatu L Leleury tidak lolos karena faktor umur yang melebihi ambang batas. Bupati sendiri berumur 64 tahun sementara wakilnya kini berumur 69 tahun.

Ambang batas umur wajib vaksininasi yaitu orang dewasa yang sehat usia 18 sampai 59 tahun.

"Saya dan pak wakil itu sebenarnya hanya terkendala usia karena diatas 69 tahun, kalau soal darah kita punya normal 120/80," terang Bupati.

Baca juga: Besok Vaksinasi Perdana di Maluku Tengah, 10 Pejabat Siap Disuntik

Sementara itu, tujuh pejabat Forkopimda divonis mengalami tekanan darah tinggi diatas  140/90 mmHg.

Mereka diantaranya, Ketua DPRD, Kapolres Maluku Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Masohi, Komandan Distrik Militer (Dandim), Kepala Pengadilan Negeri Masohi, Komandan Polisi Militer (Danpom) Masohi, Sekretaris Daerah serta Direktur RSUD.

Hanya kepala  Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tengah, dr. Djeni Adijaya yang berhasil sampai ke tahap penyuntikan vaksin. Kondisinya pun stabil setelah melewati 30 menit observasi.

Dia menjelaskan, mereka yang tidak lolos karena mengalami tekanan darah tinggi dapat mengikuti vaksinasi tahap berikutnya.

"Dari meja screening masih menyarankan untuk perbaiki kesehatannya dulu. Nanti dua tiga hari kedepan baru bisa diperiksa ulang," tandasnya.

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Fandi Wattimena
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved