Breaking News:

3 Juta Dosis Vaksin Sinovac Didatangkan ke Indonesia, Seberapa Manjurkah dalam Cegah Covid-19!

Indonesia telah memiliki 3 juta vaksin Covid-19 Sinovac. Benarkah sionvac manjur? Mampukah memenuhu standar efikasi WHO?

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja dengan penjagaan petugas kepolisian melakukan bongkar muat Envirotainer berisi vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (31/12/2020). Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac kembali tiba di Indonesia yang selanjutnya dibawa ke Bio Farma Bandung untuk dilakukan uji klinis. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNAMBON.COM - Indonesia telah memiliki 3 juta vaksin Covid-19 Sinovac. Benarkah sionvac manjur? Mampukah memenuhu standar efikasi WHO?

Sampai hari ini, Sinovac belum mengumumkan atau memberikan klaim terkait efikasi atau kemanjuran vaksin tersebut.

Peneliti pandemi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, menyebut vaksin Sinovac minimal memiliki efikasi 60 persen.

Alasannya agar pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok dapat tercapai.

Baca juga: 1.257.641 Orang di Maluku Akan Terima Vaksin Covid 19, Berdasarkan Pemetaan Kelompok Sasaran

Baca juga: Retno Marsudi Sebut 1,8 Juta Vaksin Sinovac Akan Tiba Lagi di Indonesia Kamis Besok

"Indonesia memang memerlukan efikasi vaksin terendah 60%, tidak bisa di bawah itu, karena terlalu berat untuk mencapai keberhasilan herd immunity," ujar Dicky saat dikonfirmasi, Jumat (1/1/2021).

Meski WHO menetapkan ambang batas minimal efikasi 50 persen, namun semakin tinggi efikasi maka herd immunity juga semakin efektif.

"Ini yang harus dihitung matang. Vaksin dengan efikasi tinggi diperuntukkan pada daerah dengan kondisi pengendalian buruk dan cakupan lebih rendah," ungkapnya.

Sementara itu, untuk bisa mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) Sinovac di Indonesia, BPOM harus memerlukan data efikasi tersebut.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K.Lukito mengatakan, saat ini proses pemberian EUA vaksin Covid-19 Sinovac telah memasuki tahapan penyelesaian

"Proses percepatan ada namun tetap aspek manfaat yang akan didapatkan adalah lebih tinggi dibandingkan aspek resikonya," tegas Penny dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indonesia Datangkan 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Benarkah Sinovac Manjur? Ini Saran Epidemiolog.

Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved