Breaking News:

Di Tengah Ancaman Nuklir Korea Utara, Korea Selatan Mulai Latihan Militer Tahunan Pekan Depan

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada Jumat (15/10/2020) mengatakan, Seoul memulai latihan militer tahunan (Hoguk) pekan depan.

Eighth United States Army
Korea Selatan Mulai Latihan Militer Tahunan Pekan Depan di Tengah Ancaman Nuklir Korea Utara 

TRIBUNAMBON.COM - Kepala Staf Gabungan Korea Selatan pada Jumat (15/10/2020) mengatakan, Seoul memulai latihan militer tahunan (Hoguk) pekan depan.

Latihan militer berskala besar-besaran tersebut digelar di tengah ancaman nuklir dan rudal yang disampaikan Korea Utara terus-menerus.

Mengutip Korea Herald, latihan Hoguk akan berlangsung dari 19-30 Oktober 2020 di seluruh negeri.

Dalam latihan gabungan tersebut, para tentara akan terlibat dan menunjukkan beberapa program, seperti latihan pendaratan bersama dan mempertahankan pulau-pulau di barat laut Laut Kuning.

Tentara gabungan yang terlibat di antaranya yakni, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Korps Marinir.

Korea Selatan Mulai Latihan Militer Tahunan Pekan Depan di Tengah Ancaman Nuklir Korea Utara
Korea Selatan Mulai Latihan Militer Tahunan Pekan Depan di Tengah Ancaman Nuklir Korea Utara (Eighth United States Army)

"Sebagai latihan tahunan, latihan Hoguk bersifat defensif, dan berfokus pada pemeliharaan postur kesiapan militer kami dan peningkatan kemampuan operasi gabungan," kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataannya, JCS menyebut, langkah-langkah pencegahan menyeluruh terhadap virus corona dan flu babi Afrika diterapkan dalam latihan tahunan tersebut.

JCS menambahkan, skala dan keseluruhan rencana akan serupa dengan yang sebelumnya.

Tangkapan layar yang diambil dari siaran KCNA pada 10 Oktober 2020 menunjukkan rudal balistik antarbenua Korea Utara selama parade militer yang menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh Korea, di alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang.
Tangkapan layar yang diambil dari siaran KCNA pada 10 Oktober 2020 menunjukkan rudal balistik antarbenua Korea Utara selama parade militer yang menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh Korea, di alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang. (KCNA VIA KNS / AFP)

Sekilas tentang Latihan Hoguk

Lebih jauh, latihan Hoguk pertama kali diluncurkan pada 1996.

Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved