Breaking News:

Tito Karnavian Tunjuk 3 Bupati Sementara saat Pilkada di Maluku, Resmi Dikukuhkan Gubernur Maluku

Tito Karnavian Tunjuk 3 Bupati Sementara di Maluku saat Pilkada, dan Dikukuhkan Gubernur Maluku

Foto : Humas Pemprov Maluku
Gubernur Maluku, Murad Ismail kukuhkan tiga PJS Bupati peserta Pilkada, yakni Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur. 

Laporan Kontributor Tribunambon.com Insany 

TRIBUNAMBON.COM - Gubernur Maluku, Murad Ismail, Sabtu (26/09/20) resmi mengukuhkan tiga penjabat sementara bupati penyelenggara Pilkada 2020.

Hal tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Penjabat Sementara (Pjs) Bupati yang sudah dikeluarkan Menteri Tito Karnavian, untuk tiga kabupaten yang tahun ini menyelenggarakan pilkada di Maluku. 

Mendagri Tito Karnavian menunjuk Melkias Mozes Lohy (Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku) sebagai pjs Bupati Maluku Barat Daya,  Rosida Soamolle (Kepala Inspektorat Maluku) sebagai pjs Bupati Aru dan Hadi Sulaiman ( Kepala BPSDM) sebagai Pjs. Seram Bagian Timur. 

Dalam Pengukuhan ini SK Mendagri dibacakan kepada masing-masing pjs, untuk Rosida Soamolle Pjs. Bupati Aru SK Mendagri Nomor 131.80-3007/ 2020. Pjs. Bupati SBT,  Hadi Sulaiman Nomor SK 131.81-3007/ 2020, dan Pjs. Bupati MBD, Melkias Mozes Lohy dengan SK Mendagri Nomor 131.82-3007/ 2020. Ketiganya dikeluarkan pada tanggal yang sama yakni 24 September 2020. 

Gubernur Maluku, Murad Ismail kukuhkan tiga PJS Bupati peserta Pilkada, yakni Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur. Foto : Humas Pemprov Maluku
Gubernur Maluku, Murad Ismail kukuhkan tiga PJS Bupati peserta Pilkada, yakni Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur. Foto : Humas Pemprov Maluku (Foto : Humas Pemprov Maluku)

Dalam SK yang dibacakan Gubernur Maluku, ketiganya akan bertugas menggantikan bupati tiga kabupaten ini untuk sejumlah tugas pemerintahan selama ketiganya cuti dalam masa kampanye mulai 26 September hingga 5 Desember 2020. 

Di antaranya, menjalankan tugas sebagai ketua Satgas Pencegahan covid-19, menjalankan roda pemerintahan, mengawal proses pilkada hingga selesai dan menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) di kabupaten masing-masing. 

Dalam sambutannya, Gubernur Murad Ismail menyebutkan tanggungjawab pjs Bupati harus mampu menjaga netralitas ASN, sehingga proses pilkada dapat berlangsung dengan bersih.

‘’Pilihan atas tiga pejabat ini sesuai integritas masing-masing, dua pejabat di pemerintahan dan Rosida di inspektorat, tentu mampu menjalankan amanah ini dengan baik, ‘’ tegas Murad. 

Murad berharap ketiganya selama tiga bulan ke depan dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pjs Bupati harus memahami karakter daerah masing-masing.

Pengukuhan yang dilaksanakan di aula lantai tujuh Kantor Gubernur Maluku ini dihadiri Wakil Gubernur Maluku,  Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku, Danlanal IX, Ketua Pengadilan Negeri Ambon, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Sekda MBD, Ketua DPRD Maluku serta sejumlah pimpinan OPD.

Pengukuhan ini  juga diikuti secara virtual oleh Pemkab SBT, MBD, dan Kepulauan Aru, serta sejumlah pemkab lainnya. 

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved