Breaking News:

BREAKING NEWS - Jokowi Ingatkan Kepala Daerah agar Tak Buru-buru Menutup Sebuah Wilayah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah untuk menghitung dengan cermat dalam mengambil keputusan terkait Covid-19.

Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Jokowi saat bicara di forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis malam, 26 Maret 2020. 

TRIBUNAMBON.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah untuk  menghitung dengan cermat dalam mengambil keputusan terkait Covid-19.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan agar para kepala daerah tak terburu-buru untuk memberlakukan penutupan wilayahnya.

Pasalnya, sistem yang efektif menekan angka penularan Covid-19 adalah pembatasan berskala lokal dan strategi intervensi berbasis komunitas.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat rapat terbatas 'Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional' melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

"Strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan baik itu manajemen intervensi yang dalam skala lokal maupun komunitas, sehingga sekali lagi jangan buru-buru menutup sebuah wilayah," kata Jokowi.

Presiden juga menginstruksikan kepala daerah selalu melihat data sebaran Covid-19 sebelum mengambil keputusan.

Sebab, suatu daerah tidak sepenuhnya masuk dalam zona merah. 

Oleh sebab itu, penanganan Covid-19 di daerah tidak boleh digeneralisir.

"Strategi pembatasan berskala lokal baik itu di tingkat RT, RW, desa atau kampung sehingga penanganannya lebih detail dan bisa lebih fokus, karena dalam sebuah provinsi misalnya ada 20 kabupaten/kota tidak semuanya berada pada posisi merah," ucap Kepala Negara.

"Sehingga penangannya tentu saja jangan digeneralisir, di sebuah kota atau kabupaten pun sama, tidak semua kelurahan, desa, kecamatan, mengalami hal yang sama merah semua, ada hijau, kuning, itu perlu treatment atau perlakuan berbeda," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS: Presiden Jokowi ''Sekali Lagi, Jangan Buru-buru Menutup Sebuah Wilayah'', 

Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved