Breaking News:

Fachrul Razi Imbau Masyarakat Ibadah di Rumah Seiring Meningkatnya Kasus Virus Corona

Menag mengimbau masyarakat untuk patuh pada aturan pemerintah daerah dan satuan tugas penanganan Covid-19 seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Fachrul Razi menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (31/1/2020). 

TRIBUNAMBON.COM - Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau masyarakat untuk patuh pada aturan pemerintah daerah dan satuan tugas penanganan Covid-19 seiring dengan meningkatnya kasus virus corona.

Untuk wilayah dengan kasus tinggi atau zona merah, Fachrul mengimbau umat agar membatasi aktivitas di luar rumah dan melaksanakan ibadah di kediaman masing-masing.

"Kami imbau, umat yang tinggal di kawasan dengan kasus positif Covid-19 yang tinggi agar sementara membatasi aktivitas di luar serta beribadah di rumah dulu," kata Fachrul melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (11/9/2020).

Fachrul juga mengajak umat menjadi teladan dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Umat diminta meyakini bahwa disiplin pada protokol kesehatan merupakan bagian dari pelaksanaan ajaran agama.

"Kepatuhan dan disiplin terhadap protokol kesehatan harus diyakini sebagai bagian dari wujud pelaksanaan ajaran agama. Teladan itu akan memberi kontribusi besar dalam menghadapi pandemi Covid-19 di negeri kita," ujar Fachrul.

"Sebagai umat beragama, kita perlu mengutamakan menjaga keselamatan jiwa atau hifdzu an-nafs. Menjaga keselamatan jiwa merupakan salah satu substansi dan kewajiban utama dalam beragama," tuturnya.

Imbauan untuk patuh pada protokol kesehatan juga sudah banyak disampaikan tokoh agama.

Menurut Fachrul, mematuhi anjuran tokoh agama dan pemerintah untuk tetap di rumah dan menerapkan protokol kesehatan selama pandemi merupakan bentuk kesalehan sosial umat beragama sekaligus tanggung jawab sebagai warga negara.

"Mari, sama-sama kita patuhi arahan Pemda dan Gugus Tugas. Semoga pandemi ini segera berakhir," kata dia.

Halaman
12
Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved