Breaking News:

Pemerintah RI Berkomitmen Dorong Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen untuk mendorong Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dengan tegas menyampaikan, akan mendukung Maluku sebagai lumbung ikan nasional di hadapan para nelayan dan pimpinan daerah setempat saat berkunjung di Ambon, Minggu (30/08/2020) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen untuk mendorong Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

Sejumlah kegiatan perikanan pun dalam tahap pengembangan.

Hal ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo di hadapan para nelayan dan pemangku jabatan di daerah setempat dalam kunjungannya di Ambon, Minggu (30/08/2020).

“Saya memulai lumbung ikan nasional dengan gerakan langsung. Membangun tidak hanya dengan sekedar jargon tapi membuktikan, terjun langsung dengan kegiatan-kegiatan,” Kata Edhy saat memberikan sambutan dalam kunjungan tersebut, Minggu (30/08/2020).

Edhy mengatakan, kunjungannya bersama sejumlah pejabat teras di kementerian tersebut di Ambon sebagai bukti keseriusan Pemerintah RI dalam mendukung Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

Kebutuhan daerah dalam rangka menuju Maluku sebagai lumbung ikan nasional nantinya akan dicatat dan ditindaklanjuti oleh pihaknya.

Selama tiga hari kunjungan tersebut, sejumlah agenda akan dilakukan khususnya pembahasan upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan bersama pihak terkait.

Menurutnya, potensi perikanan di Maluku sebagian besar berasal dari perikanan tangkap. Terlebih daerah ini terletak di tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) yakni WPPNRI 714, 715 dan 718. Bahkan, potensinya mencapai 4,6 juta ton (37%) dari 12,5 juta total potensi sumber daya ikan nasional.

Meski demikian, dia berharap agar sektor budidaya juga bisa tumbuh di Maluku sekaligus mengajak pemerintah daerah untuk memaksimalkan sektor tersebut.

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved