Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Di Maluku, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono Ingatkan Netralitas Polri dalam Pikada Serentak 2020

Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengimbau anggota Polri untuk tetap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak

Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengimbau anggota Polri untuk tetap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Maluku, Kamis (23/07/2020) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengimbau anggota Polri untuk tetap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Maluku 9 Desember mendatang.

Menurutnya,  satu hal penting yang harus dilakukan anggota kepolisian yaitu menjaga netralitas.

Hal ini disampaikan Komjen Gatot Eddy Pramono dalam onferensi pers di Lobi Kantor Gubernur Provinsi Maluku, Kamis (23/7/2020).

Soal Pilkada Serentak di Maluku, Gubernur Murad Ismail Sampaikan Tiga Hal Penting Ini

“Dalam pilkada anggota Polri harus netral, Kapolda memerintahkan kepada jajarannya ke bawah tidak ada anggota Polri yang berpihak kepada siapapun."

"Kalau itu terjadi nanti silahkan dilaporkan secara berjenjang di tingkat Polres hingga Polda, intinya dalam pilkada ini polisi akan netral sesuai dengan ketentuan dan UU yang berlaku,” tegas dia.

Lebih lanjut dijelaskan, netralitas Polri diatur dalam Pasal 22 Ayat 1 Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia yang berbunyi ‘Kepolisian Negara Republik Indonesia bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis’.

Mendagri Tito Karnavian Pesan Ini untuk Pilkada Maluku, Gubernur Murad Singgung Keamanan

Terkait persiapan menjelang Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan di empat Kabupaten di Maluku juga pihaknya sudah membahas beberapa hal penting dalam Rapat Koordinasi Kunjungan Kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI bersama jajaran Pemerintah Daerah Maluku.

Di antaranya langkah-langkah dan potensi kerawanan selama Pilkada Serentak 2020.

“Hal ini akan dilaksanakan secara bersinergi dengan TNI dan pihak-pihak terkait,” tutur dia. (*)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved