Breaking News:

Takut Disalahgunakan Masyarakat, Dana Korban Gempa Maluku 2019 Ditunda Penyalurannya

Pemerintah Kota memutuskan untuk menunda penyaluran dana bantuan bagi warga Kota Ambon yang terdampak gempa tersebut.

ANTARA FOTO/NURMAN HADIPRATAMA
Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di dusun Wainuru, Maluku Tengah, Maluku, Minggu (29/9/2019). BPBD Provinsi Maluku mencatat total rumah rusak akibat gempa Maluku dengan magnitudo 6,8 mencapai 2.675 unit. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Helmy

TRIBUNAMBON.COM - Takut disalahgunakan masyarakat korban terdampak gempa yang melanda Kota Ambon tahun lalu, Pemerintah Kota memutuskan untuk menunda penyaluran dana bantuan bagi warga Kota Ambon yang terdampak gempa tersebut.

Bukan tanpa alasan hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan dana tersebut bukan pada hal yang semestinya di masa pandemi ini.

Hal ini disampaikan langsung Wali Kota Ambon usai melakukan pertemuan dengan kepala Sekolah Sekota Ambon di salah satu hotel di Kota Ambon Kamis, (16/7/20).

Louhenapessy mengatakan untuk menghindari adanya penyalahgunaan bantuan tersebut, maka dana bagi korban terdampak gempa belum dapat dicairkan sementara waktu ini.

Menurutnya jika dana tersebut sampai ke masyarakat pada saat pandemi ini, takutnya dana yang diperuntukan untuk pembangunan bangunan yang rusak akibat gempa, dialihkan ke kebutuhan lainya seperti pembelian sembako.

Pasalnya, saat ini Kota Ambon sedang berada dalam pandemi covid 19 di mana masyarakat sedang kesusahan terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok karena adanya pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah.

"Dananya sudah ada cuma kita jaga jangan sampai itu di manfaatkan salah sekarang kalau dalam situasi begini lalu kalau kita kasih mereka punya dana mereka tidak bikin rumah mereka beli sembako," tuturnya.

Untuk itu Louhenapessy meminta kepada masyarakat yang merupakan korban terdampak gempa bumi di Kota Ambon beberapa waktu lalu untuk bersabar.

Disisilain Pemerintah akan menunggu waktu yang tepat untuk pencairan dana tersebut kepada masyarakat, sehingga dana yang disalurkan dapat digunakan sesuai peruntukannya.

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved