Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Mendagri Tito Karnavian Pesan Ini untuk Pilkada Maluku, Gubernur Murad Singgung Keamanan

Rakor yang digelar secara virtual itu membahas tentang sinergitas kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak di empat Kabupaten di Maluku

Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
KPU Maluku gelar rapat kerja secara virtual turut hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Jumat (10/07/2020). Rakor membahas tentang sinergitas kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di empat Kabupaten di Provinsi Maluku. 

Laporan Kontributor TribunAmbon, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengikuti rapat koordinasi (rakor) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/07/2020).

Rakor yang digelar secara virtual itu membahas tentang sinergitas kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di empat Kabupaten di Provinsi Maluku.

Adapun empat Kabupaten di Maluku yang akan menggelar Pilkada Serentak, yakni Kabupaten Buru, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur (SBT) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Temui Kapolda Maluku, MUI Ambon Lapor Dugaan Penghinaan Agama Akun Game PUBG

Dalam kesempatan rakor itu, Mendagri mengapresiasi upaya KPU dalam rangka persiapan menyambut Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak.

Hal yang sama disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail sebagai penghargaan kepada jajaran KPU Provinsi Maluku dengan kerja-kerja nyata yang telah dilakukan.

Terutama dalam hal membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten, sehingga rakor dapat dilaksanakan meski dalam kondisi krisis di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Obat Nyamuk Penyebab Kebakaran Rumah di Ambon, Bocah Tewas Terjebak di Kamar

"Walaupun kota Ambon selaku ibukota, masih dalam pemberlakuan status PSBB, namun kepentingan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 telah menjadi komitmen  nasional, yang harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat yang ada di Maluku," ujar Murad.

Dia mengatakan, sesuai dengan arahan dari Mendagri terkait dengan realisasi pembiayaan Pilkada yang sudah harus dilaksanakan, pihaknya telah menyampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten agar segera menindaklanjuti realisasi dana Pilkada.

Yakni berdasarkan naskah perjanjian hibah daerah, hasil refocusing di kabupaten masing-masing.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada jajaran aparat TNI dan Polri yang bertanggung jawab mem-backup keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pilkada Serentak berlangsung.

"Kita butuh situasi aman dan kondusif, agar proses demokrasi yang dilaksanakan menghasilkan produk demokrasi yang berkualitas," tambah Murad.

Pemilu Singapura Tetap Digelar di Tengah Pandemi, Protokol Kesehatan Sebabkan Antrean Menumpuk

Selain Mendagri, rakor ini juga diikuti, perwakilan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, KPU RI Bupati dan Ketua DPRD di empat Kabupaten, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Maluku, Pimpinan  Bawaslu Provinsi Maluku, Pimpinan Parpol, para Kapolres dan Dandim di empat  kabupaten.

Turut mendampingi gubernur Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, Kepala BPSDM Provinsi Maluku  Hadi Sulaiman, Kepala BKD Provinsi Maluku, Jasmono, Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku, Boy Kaya dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Sadli Ie. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved