Pusat Perbelanjaan Kembali Beroperasi, Reisa Broto Asmoro Beri Tips Protokol Kesehatan di Mall

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan aturan mengenai protokol kesehatan bagi masyarakat yang berkumpul di tempat umum.

Tangkap layar youtube BNPB
Reisa Broto Asmoro 

TRIBUNAMBON.COM - Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan aturan mengenai protokol kesehatan bagi masyarakat yang berkumpul di tempat umum.

Adapun tempat umum yang dimaksud meliputi pusat perbelanjaan, mal, pertokoan, dan sejenisnya.

Panduan protokol tersebut tertuang dalam keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) Nomor 382 tahun 2020, tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum, yang dikeluarkan pada 19 Juni 2020.

Dalam surat keputusan Menkes tersebut, ada sejumlah informasi penting bagi pengelola, maupun pengunjung pusat perbelanjaan.

Mulai dari pembatasan jumlah pengunjung, melakukan pemeriksaan suhu tubuh di semua pintu masuk pusat pembelanjaan dan aturan mengenai jam operasional, jam buka dan tutupnya mal.

Tim Komunikasi Publik, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan tak diperbolehkan masuk.

"Jika ditemukan pekerja atau pengunjung dengan suhu diatas 37,3 derajat Celcius, maka pengunjung tidak diperkenankan masuk."

"Jika pengunjung tidak memakai masker, maka tidak diperbolehkan masuk juga," ujarnya, dikutip dari bnpb.go.id, Senin (22/6/2020).

Pengelola sedang mempersiapkan Mall Central Park di Jalan S Parman, Jakarta Barat. Kamis (11/6/2020).
Pengelola sedang mempersiapkan Mall Central Park di Jalan S Parman, Jakarta Barat. Kamis (11/6/2020). (WARTAKOTA/Henry Lopulalan )

Pada saat memeriksa suhu para pengunjung, petugas wajib menggunakan masker dan pelindung wajah (face shield), dan harus didampingi oleh petugas keamanan.

Kemudian, jarak antar etalase, antrean kasir, tangga eskalator dan lift juga harus diatur dengan batas minimal satu meter.

Halaman
123
Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved