Virus Corona

Sederet Fakta Obat Dexamethasone, Diklaim Mampu Tingkatkan Peluang Bertahan Hidup Pasien Covid-19

Dexamethasone adalah obat antiinflamasi dan pembengkakan yang umum digunakan, diklaim dapat mengurasi risiko kematian pasien Covid-19 yang kritis

Arman SOLDIN / AFP
Satu kotak obat injeksi dexamethasone dipotret di sebuah toko kimia di London pada 16 Juni 2020. dexamethasone pada hari Selasa diperlihatkan sebagai obat pertama yang secara signifikan mengurangi risiko kematian di antara kasus COVID-19 yang parah, dalam hasil percobaan dipuji sebagai "terobosan besar" dalam perang melawan penyakit ini. Ilustrasi Fakta-fakta Obat Dexamethasone, Diklaim Mampu Tingkatkan Peluang Bertahan Hidup Pasien Covid-19. 

TRIBUNAMBON.COM - Berikut fakta-fakta obat Dexamethasone (deksametason) yang diklaim mampu meningkatkan peluang bertahan hidup pada pasien COVID-19 yang kritis.

Hasil studi klinis Universitas Oxford mengungkapkan dexamethasone dosis rendah dapat meningkatkan peluang bertahan hidup pada pasien Covid-19 dengan bantuan pernapasan.

Dalam studi tersebut, obat ini dapat mengurangi jumlah kematian sebesar sepertiga untuk orang yang menggunakan ventilator.

Seorang apoteker memegang sekotak tablet Dexamethasone di sebuah toko kimia di London pada 16 Juni 2020
Seorang apoteker memegang sekotak tablet Dexamethasone di sebuah toko kimia di London pada 16 Juni 2020. Ilustrasi Fakta-fakta Obat Dexamethasone, Diklaim Mampu Tingkatkan Peluang Bertahan Hidup Pasien Covid-19 (JUSTIN TALLIS / AFP)

Berikut tujuh fakta obat dexamethasone yang Tribunnews.com kumpulkan:

1. Obat Steroid

Dikutip dari BBC, Dexamethason adalah obat steroid.

Obat ini mampu mengurangi peradangan dengan meniru hormon anti-inflamasi yang diproduksi oleh tubuh.

Dr. Onyema Ogbuagu, seorang dokter penyakit menular dan profesor kedokteran di Yale mengatakan, dexamethasone adalah obat antiinflamasi dan pembengkakan yang umum digunakan untuk berbagai kondisi.

Biasanya obat ini diresepkan dengan bentuk steroid oral atau intravena.

Ogbuagu mengatakan, obat ini unik karena mengandung glukokortikoid.

Halaman
1234
Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved