Pilkada Serentak di Maluku Digelar 9 Desember, KPU Maluku Laksanakan Tahapan Pemilu

Maka KPU Provinsi Maluku per 15 Juni mulai melaksanakan kembali tahapan Pilkada Serentak 2020.

Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilu 

Laporan Kontributor Ambon, Fandy

TRIBUNAMBON.COM - Setelah tertunda kurang lebih tiga bulan akibat pandemi covid-19, Komisi Pemilihan Umum akhirnya memutuskan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol covid-19.

Hal itu juga tertuang dalam Peraturan KPU No. 5 Tahun 2020 pengganti Keputusan KPU No.179/PL.02- Kpt/01/KPU/III/2020 Tentang Penundaan tahapan Pemilihan serentak 2020 sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Maka KPU Provinsi Maluku per 15 Juni mulai melaksanakan kembali tahapan Pilkada Serentak 2020.

Jelang Pilkada, Polres Seram Bagian Timur Bersama Warga Doa Terhindar Corona

Seperti dalam rilis pers yang dikeluarkan Humas KPU Maluku, Selasa (16/6/2020) sore, menyatakan selain PKPU, KPU pada tanggal 15 Juni 2020 juga telah menerbitkan Keputusan KPU Tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali kota Serentak lanjutan 2020.

Ini secara resmi telah menjadi dasar yang kuat bagi KPU dan KPU Provinsi serta KPU Kabupaten/ Kota untuk kembali melanjutkan tahapan Pemilihan mulai pada tanggal 15 Juni 2020.

KPU Maluku selaku Koordinator Pelaksanaan Pemilihan serentak 2020 di tingkat Maluku, kemudian menyiapkan segala kebutuhan baik menyangkut regulasi, SDM, dan sarana prasarana untuk Pemilihan lanjutan 2020 di empat kabupaten / kota, yakni kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Setelah dilakukan koordinasi dengan KPU tingkat Kabupaten dan kota, maka masing-masing KPUD telah mengeluarkan beberapa Keputusan yang mengatur pengaktifan Kembali PPK dan Sekretariat PPK.

Sandiaga Uno Bicara Soal Pilkada 2020: Seandainya Bisa Ditunda atau Ada Penghematan Fundamental

Kemudian mulai melanjutkan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak yang tentunya menerapkan protokol kesehatan.

KPU Maluku pun berharap dukungan dan parsipasi semua pihak dengan turut mensosialisasikan hari Pemungutan suara pada Hari Rabu Tanggal 9 Desember 2020. (*)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved