Kabar Baik dari Maluku, Bea Cukai Pastikan Peningkatan Ekspor di Tengah Pandemi Covid-19

Bea Cukai Maluku pastikan peningkatan ekspor komoditi Maluku di tengah pandemi Covid-19.

Kontributor TribunAmbon.com, Fandy
Webinar melalui aplikasi video conference dan streaming live di media sosial 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Fandi

TRIBUNAMBON.COM - Bea Cukai Maluku pastikan peningkatan ekspor komoditi Maluku di tengah pandemi Covid-19.

Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan memperkuat sinergitas dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, lembaga terkait hingga media.

Acara Webinar pun dilakukan secara daring, Kamis Sore (11/6/2020) melalui aplikasi video conference dan streaming live di media sosial.

Maluku dalam Era New Normal menjadi tema diskusi virtual tersebut.

Sejumlah nama hadir sebagai narasumber, di antaranya Sekda Prov. Maluku, Kasrul Selang, Sekda Kabupaten Maluku Tenggara, Ahmad Yani Rahawarin, Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang, Kadisperindag Maluku, Elvis Pattiselano, akademisi, eksportir hingga pimpinan media.

Beberapa hal penting yang dibahas dalam webinar tersebut antara lain langkah strategis untuk pemulihan ekonomi daerah dengan mengembangkan ekspor potensial dan mendorong peningkatan ekspor sebagai faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi selain menjaga pertumbuhan positif investasi di tengah kondisi sulit wabah Covid-19.

Menurut Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang, Peluang ekspor tersebut harus didukung dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah, stimulus insentif perpajakan dan lainnya, kemudahan logistik, kemudahan prosedur layanan ekspor.

Untuk itu, sinergi antara instansi pemerintah daerah terkait dan para pelaku usaha komoditi ekspor menjadi sangat penting.

"Konsolidasi, koordinasi, dan sinergi antara pemerintah daerah dengan instansi pemerintah dan kementerian lembaga terkait serta stakeholder lainnya sangat diperlukan untuk membangun kembali keunggulan-keunggulan komparatif maupun kompetitif produk unggulan komoditi ekspor wilayah Maluku yang sesuai dengan era new normal," ungkapnya

Halaman
123
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved