Harga Bawang Merah di Ambon Merangkak Naik, Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram

Harga bawang merah terus melonjak naik hingga menembus angka Rp.70 ribu per kilo gram (kg) di Pasar Mardika Kota Ambon.

(Kontributor TribunAmbon.com, Helmy)
Suasana Pasar Mardika 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Helmy

TRIBUNAMBON.COM- Harga bawang merah terus melonjak naik hingga menembus angka Rp.70 ribu per kilo gram (kg) di Pasar Mardika Kota Ambon ditengah diterapkannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Dulla salah satu pedagang bawang di Pasar Mardika Kota Ambon membenarkan Hal tersebut. Dia menjelaskan sebelumnya naik dari harga normal Rp 36 ribu per kilogram naik menjadi Rp 60 ribu per kilogramnya dan saat ini telah naik lagi menjadi Rp 70 ribu per/kg.

Dulla menjelaskan kenaikan hargs bawang di Pasar Mardika sudah dua kali terjadi, sebelumnya harga bawang naik menjadi Rp.60 ribu per/kg sekarang jadi Rp.70 ribu.

"bawang terus naik, ini untuk kedua kalinya, pertama Rp.60 ribu sekarang jadi Rp.70 ribu per kg sekarang ini" ungkap Dulla saat ditemui Tribunambom.com di Pasar Mardika Kota Ambon Rabu, (10/6/20).

Menurutnya hingga kini dirinya dan pedagang lainnya tidak mengetahui penyebab pasti harga bawang terus melonjak naik, mereka menduga adanya gagal panen dari petani lokal lantaran hujan deras yang terus mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya sehingga mempengari harga bawang yang dijual para agen.

"kami tidak tahu pasti kenapa bawang terus naik, mungkin hujan deras bikin gagal panen jadi harga agen ikut naik" jelasnya.

Meski demikian Dulla mengaku kenaikan harga bawang ini tidak mempengaruhi tingkat penjualan bawang, lantaran bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang sangat dibutuhkan.

Pedagang bawang di Pasar Mardika sedang menunggu pembeli.
Pedagang bawang di Pasar Mardika sedang menunggu pembeli. ((Kontributor TribunAmbon.com, Helmy))

"Meski naik tetap dibeli aja pak, memang diprotes pak dari pembeli tapi tetap laku saja" ungkapnya

Namun, Ia tetap menginginkan harga bawang merah tetap turun sehingga pembeli yang membeli bawang merah tidak mengeluh dan membeli dalam porsi yang banyak.

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved