Paramedis Terkonfirmasi Positif Covid-19, Sejumlah Puskesmas di Kota Ambon Ditutup Sementara

Pelayanan kesehatan di sejumlah Puskesmas di Kota Ambon kini ditutup satu per satu untuk sementara waktu.

Freepik
Hidroklorokuin 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Pelayanan kesehatan di sejumlah Puskesmas di Kota Ambon kini ditutup satu per satu untuk sementara waktu.

Hal ini dilakukan lantaran beberapa perawat Puskesmas di Kota Ambon terkonfirmasi positif

Covid-19. Sebelumnya Juru Bicara Gugus Tugas Kota Ambon, Joy Andriansz mengumumkan hasil uji swab dua perawat yang menunjukkan positif covid-19.

Masing-masing dari mereka bertugas di Puskesmas Hutumuri dan Tawiri

“Hasil swab test dua perawat yang bertugas di Puskesmas Hutumuri dan Tawiri telah keluar, dan hasilnya positif.

Keduanya kini sudah dikarantina,” Kata Joy kepada Tribunambon.com.

Menurutnya, penutupan yang bersifat sementara itu akan dilakukan selama seminggu dan rencananya dimulai pada 1 Juni 2020.

Namun, berdasarkan penelusuran Tribunambon.com di lapangan, Puskesmas Tawiri telah lebih dulu melakukan penutupan pelayanan kesehatan sementara sejak Jumat (29/05/2020) lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Puskesmas, dr. Hasni. Arusad, Mars.

"Kami sudah tutup mulai Jumat kemarin. Pelayanan pindah ke pustu," Terang dr.Hasni melalui pesan WhatsApp kepada Tribunambon.com.

Dia menerangkan, Puskesman yang dipimpinnya tidak sepenuhnya ditutup, namun pelayanannya sementara dialihkan ke Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di wilayah kerja Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Dia menambahkan, akan dilakukan sterilisasi selama masa pelayanan kesehatan di Puskesmas induk itu dihentikan untuk sementara.

Di antaranya, penyemprotan cairan disinfektan yang rencananya akan dilakukan pada hari Selasa mendatang.

Selain Puskesmas Hutumuri dan Tawiri, dua Puskesmas lainnya yakni Puskesmas Poka dan Air Salobar juga rencananya akan dilakukan penutupan pelayanan sementara selama seminggu.

Menurut Joy, ini merupakan langka antisipatif yang harus dilakukan tim Gustu menyusul hasil uji swab lima (5) perawat yang juga menunjukkan positif Covid-19.

“Semalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Gustu) Kota Ambon menerima data dari BTKLPP, dimana ada penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak lima orang yang merupakan tenaga kesehatan dari Kota Ambon,” Ujar Joy di Ambon, Sabtu (30/05/2020).

Kelima perawat tersebut, kata dia, antara lain, tiga (3) dari Puskesmas Rijali, satu (1) orang perawat Puskesmas Air Salobar dan satu (1) lainnya merupakan perawat Puskesmas Poka.

Mereka kini dalam penanganan medis, tambah Joy.

Penutupan sementara Puskesmas-Puskesmas tersebut akan memakan waktu selama satu minggu, dan akan dilakukan sterilisasi berupa penyemprotan cairan disifektan.

Lebih jauh dia mengimbau kepada warga Kota Ambon agar tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh para medis dan mengikuti kebijakan pimpinan-pimpinan di kawasan masing-masing agar upaya penekanan laju penyebaran virus corona di Kota Ambon bisa maksimal.

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved