Virus Corona di Ambon

Kesiapan RSUP Dr J Leimena Sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Maluku

Menengok Kesiapan RSUP Dr J. Leimena Ambon yang digadang-gadang sebagai RS rujukan pasien covid-19 pasca RSUD Haulussy umumkan tutup sementara.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang menyebutkan, rencananya RSUP Dr. J. Leimena akan dijadikan sebagai RS rujukan pasien covid-19 dan akan digunakan pada Senin mendatang. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com Ambon, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Menengok Kesiapan RSUP Dr J. Leimena Ambon yang digadang-gadang sebagai RS rujukan pasien covid-19 pasca RSUD Haulussy umumkan tutup untuk sementara.

Seperti yang disebutkan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang menyebutkan, rencananya RSUP Dr J Leimena akan dijadikan sebagai RS rujukan pasien covid-19 dan akan digunakan pada Senin mendatang.

Menindaklanjuti pernyataan Kasrul, Tribunambon.com melakukan penelusuran ke lapangan dengan mengunjungi RSUP Dr. J. Leimena yang beralamat di Jalan R. Suprapto No.123, Rumah Tiga, Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku pada Sabtu (16/05/2020) siang.

Di area parkir Instalasi Gawat Darurat (IGD) terlihat tiga unit ambulance yang parkir di sana, masing-masing terdiri dari ambulance gawat darurat, ambulance jenazah dan ambulance transfer.

Setelah menunggu sekitar kurang lebih 2 jam, Tribunnews akhirnya bisa bertemu dengan Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan & Penunjangan, dr. Yan Aslian. Sambil menunjukan beberapa fasilitas di IGD, seperti Kursi Roda/Wheel Chair, Stretcher / Brankar, Bed Patient / Tempat Tidur Pasien, dan lain-lain.

Dr. Yan menerangkan, secara fisik dan prasarana RSUP sudah sangat siap menjadi RS rujukan covid-19 di Maluku.

Kesiapan RSUP Dr. J. Leimena Ambon yang digadang-gadang sebagai RS rujukan pasien covid-19 pasca RSUD Haulussy umumkan tutup untuk sementara. Seperti yang disebutkan Ketua Harian
Kesiapan RSUP Dr. J. Leimena Ambon yang digadang-gadang sebagai RS rujukan pasien covid-19 pasca RSUD Haulussy umumkan tutup untuk sementara. Seperti yang disebutkan Ketua Harian (Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng)

Namun, dari sisi sumberdaya seperti tenaga medis dan obat-obatan, dr. Yan mengaku rumah sakit kelas A ini belum siap.

Pasalnya, RSUP dr. J. Leimena ini rencananya akan dibuka pada Juni mendatang, dengan mempekerjakan tenaga medis yang disiapkan oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI melalui tes CPNS.

Dia menyebutkan, "sekitar 160 CPNS yang telah disiapkan, namun hasil tes nya baru akan keluar di Juni mendatang pula.

Halaman
123
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved