Cerita Perempuan Maluku Utara Jadi Satu-satunya Sopir Ambulans Tangani Covid-19: Saya Harus Melayani

Seorang warga asal Maluku Utara menjadi satu-satunya sopir ambulans di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dok. BNPB
Ika Dewi Maharani, satu-satunya relawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang bertugas sebagai sopir ambulans pasien virus corona. 

TRIBUNAMBON.COM - Seorang warga asal Maluku Utara menjadi satu-satunya sopir ambulans di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ika Dewi Maharni merupakan seorang relawan yang memiliki background seorang perawat.

Dilansir dari Wartakotalive, Ika Dewi kini harus tinggal di mess yang disediakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selama menjadi relawan, Ika mendapatkan tugas mengantar atau menjemput pasien di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Kota Depok, Jawa Barat.

Meski pekerjaan itu menyimpang dari profesinya, namun tak masalah karena sama-sama berkontribusi mempercepat penanganan corona.

Jika lengah, maka bukan tidak mungkin dirinya sendirilah yang akan terpapar virus corona.

Angka kasus COVID-19 di Jakarta saat ini semakin meningkat, ditambah dengan jumlah petugas ambulans yang kurang memadai, sehingga membulatkan tekat Ika untuk menjadi sopir ambulans.

“Dengan keahlian yang saya miliki, saya bisa menyetir dan bidang dasar pekerjaan sebagai perawat. Tentu pas sesuai dengan panggilan hati, dengan kemampuan yang saya punya, saya harus melayani,” ujar Ika berdasarkan keterangan yang diterima pada Jumat (17/4/2020).

Baginya, melayani pasien merupakan hal yang biasa. Namun menjadi sopir ambulans, menjadi tantangan tersendiri bagi perawat yang tergabung dalam Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) ini.

Kata dia menjadi sopir ambulans merupakan pengalaman pertama dalam hidupnya.

Halaman
123
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved