Breaking News:

Pemerintah akan Berikan Bantuan Tunai Rp 16,2 Triliun Bagi 9 Juta KK Terdampak Covid-19

Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tunai kepada ditujukan bagi 9 juta keluarga di luar wilayah Jabodetabek, untuk menyikapi dampak ekonomi Covi

Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (31/3/2020) di Istana Bogor. Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan Status Kedaruratan Kesehatan untuk Indonesia serta menerbitkan PP Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tunai kepada ditujukan bagi 9 juta keluarga di luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal ini dilakkan untuk membantu warga yang ekonominya terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan hal tersebut di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

"Untuk masyarakat di luar Jabodetabek akan diberikan bantuan sosial tunai kepada 9 juta KK (kepala keluarga)," kata Jokowi, dilansir Kompas.com.

Setiap keluarga akan mendapatkan Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan. Jadi, total yang akan diterima setiap keluarga selama tiga bulan adalah Rp 1,8 juta.

"Dan total anggaran yang disiapkan adalah Rp 16,2 triliun," kata Jokowi.

Ia menyebut, bantuan sosial tunai ini akan diberikan kepada keluarga tak mampu yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan maupun Kartu Sembako.

Adapun untuk warga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi akan diberikan bantuan paket sembako.

Tiap keluarga akan menerima paket sembako senilai Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.

(Kompas.com/Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Bantuan Tunai Rp 1,8 Juta Akan Disalurkan ke 9 Juta Keluarga

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved