Virus Corona di Ambon

Pemda Maluku Tengah Belum Ajukan Perubahan Anggaran untuk Penanganan Covid-19 ke DPRD

Dua pekan sudah upaya antisipasi dan pencegahan Covid-19 di seluruh kecamatan sekabupaten Maluku Tengah.

Kontributor TribunAmbon.com/Fandy
Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury saat melakukan rapat kerja bersama Tim Gugus, para Camat serta kepala desa sekabupaten di Tribun Lapangan Nusantara Masohi. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Fandy

TRIBUNAMBON.COM - Dua pekan sudah upaya antisipasi dan pencegahan Covid-19 di seluruh kecamatan sekabupaten Maluku Tengah.

Namun hingga kini pemerintah kabupaten belum juga memasukan draf refocusing atau perubahan alokasi anggaran ke DPRD.

Hal ini dibenarkan Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury ketika dikonfirmasi jurnalis, usai rapat bersama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Tribun Lapangan Nusantara, Sabtu (04/04/20).

“Saya kira belum ya, harus segera itu diajukan. Dan mungkin tunggu dari pak Bupati dulu,” kata Leleury.

Menurutnya, dalam situasi darurat seperti saat ini, kecepatan dan kecermatan perlu dilakukan Pemerintah Daerah dalam melakukan penyesuaian anggaran.

Itu dilakukan agar progres pencegahan dan penanganan Covid-19 dapat berjalan baik sebagaimana keinginan pemerintah pusat.

Petugas Kesehatan Memindai Suhu Tubuh Pelaku Perjalanan
Petugas Kesehatan Memindai Suhu Tubuh Pelaku Perjalanan (Kontributor TribunAmbon.com, Fandy)

“Memang kita harus ajukan, ini kan emergensi. Sehingga apapun juga, kita harus lakukan itu, supaya nanti ada perubahan dalam APBD kita. Dan menurut saya, memang harus segera (Realokasi APBD),” tandas Wakil Bupati dua periode itu.

Sampai hari ini, langkah pencegahan dan penanganan Covid-19, di Maluku Tengah masih menggunakan dana tak terduga yang diambil dari batang tubuh APBD 2020.

“Memang ini kejadian luar biasa, maka kita ambil langkah (pakai dana tak terduga), sambil proses mengajukan itu. Sekarang kita pakai dana tak terduga ya, sebagian besar kita pake itu,” ungkapnya.

Terpisah, wakil ketua DPRD Maluku Tengah, Herry Men Charl Haurissa menyatakan DPRD sementara menunggu pengajuan draf perubahan APBD dari Pemda.

“DPRD sudah memberi sinyal, supaya sudah mesti ada pengutamaan perubahan anggaran, untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Kan Perpu 01 Tahun 2020, sudah membuka ruang untuk harus ada alokasi anggaran,” ungkap Haurissa melalui pesan singkat, Minggu (05/04/20).

Dia memastikan DPRD segera menuntaskan perubahan APBD untuk dibahas bersama jika draf telah diterima.

“DPRD akan gunakan langkah seribu, sebab ini soal kemanusian. Covid-19 ini virus berbahaya dan kita tidak boleh main-main,” pungkasnya.

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved