Berita Viral

Viral Video Tim Medis Asal China Tiba di Indonesia, Ini Fakta Sebenarnya

Beredar sebuah video bernarasikan para tim medis asal China yang tiba di Indonesia, menyebar di media sosial.

Viral Video Tim Medis Asal China Tiba di Indonesia, Ini Fakta Sebenarnya
(TWITTER.com/ANDINI_MAHARAN1
Tangkapan layar video bernarasikan ketibaan tim medis asal China di Indonesia yang beredar di media sosial.(TWITTER.com/ANDINI_MAHARAN1) 

TRIBUNAMBON.COM - Beredar sebuah video bernarasikan para tim medis asal China yang tiba di Indonesia, menyebar di media sosial.

Mengenai video tersebut, Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pun memberikan penjelasan.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Subbagian Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nur Saleh mengatakan, warga China yang berada dalam video itu justru hendak meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi itu area keberangkatan yang di foto. Bukan area kedatangan dan diambilnya waktu pemulangan warga negara RRT," kata Nur Saleh dalam siaran pers, Jumat (27/3/2020).

Nur Saleh menuturkan, warga China yang ada di video itu meninggalkan Indonesia dalam rangka evakuasi.

Warga negara China itu, lanjut Nur Saleh, tercatat meninggalkan Indonesia menggunakan pesawat Cambodia Airlines.

Adapun berdasarkan manifes penerbangan pesawat tersebut, terdapat 126 WN China sebagai penumpang serta tujuh orang kru yang terdiri dari 1 orang WNI, 1 orang WN Korea Selatan, 2 orang WN Filipina, dan 3 orang WN Kamboja.

Dalam video yang dilihat Kompas.com, tampak sejumlah orang yang mengenakan pakaian alat pelindung diri tengah mengantre di Bandara Soekarno-Hatta.

Sosok pengambil video tersebut sempat berbicara menggunakan bahasa Mandarin. Sedangkan, orang-orang yang mengantre itu tampak seperti warga negara China.

(Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah dipublikasikan oleh Kompas.com berjudul Beredar Video Tim Medis China Tiba di Indonesia, Ini Penjelasan Imigras

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved