Hari Ini dan Jumat Depan, Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Jumat

Prof. KH Nasaruddin Umar, MA, Ph. D, menyampaikan, Masjid Istiqlal sementara waktu tidak digunakan untuk salat atau sholat Jumat.

TRIBUNAMBON.COM - Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. KH Nasaruddin Umar, MA, Ph. D, menyampaikan, Masjid Istiqlal sementara waktu tidak digunakan untuk salat atau sholat Jumat.

Hal ini menyusul imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang diperkuat imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Karena itu pada hari ini, terutama setelah ada imbauan Bapak Presiden, diperkuat imbaun Bapak Gubernur DKI Jakarta, diperkuat dengan komunikasi imam-imam besar di sejumlah negara Islam yang juga melakukan hal yang sama, barulah kita menetapkan bahwa hari ini, untuk dua Jumat yang akan datang, kita tidak menggunakannnya untuk salat jumat," tutur Nasaruddin, seperti yang dilansir dari Youtube BNPB, Jumat (20/3/2020) pagi.

Beredar Pesan WA Tolak Fatwa MUI Salat di Rumah, Aa Gym: Jangan Ragu-ragu Allah Tahu Niat Kita

MUI Sarankan Daerah Rawan Corona Tak Gelar Salat Jumat Diganti Salat Zuhur di Rumah, Ini Kata Istana

Fatwa MUI

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa seputar penyelenggaraan ibadah di tengah situasi wabah virus corona (Covid-19).

Deputi Pengembangan Pemuda, Dr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh, MA, menyampaikan fatwa tersebut diterbitkan sebagai panduan bagi masyarakat, khususnya kaum muslim di Indonesia.

Masyarakat diimbau agar tetap menjalankan pelaksanaan ibadah sekaligus berkontribusi mencegah peredaran Covid-19.

Oleh karena itu, terdapat sembilan poin penting yang disampaikan oleh MUI.

Hal itu tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Satu diantaranya yaitu panduan pelaksanaan ibadah di tempat umum ataupun ibadah salat Jumat dalam kondisi wabah seperti saat ini.

Halaman
123
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved