Virus Corona

Antisipasi Corona, Tata Cara Ibadah Umat Katolik di Ambon Berubah, Air Suci & Cium Salib Ditiadakan

Dalam sistem beribadah banyak tata cara umat beragama pun turut berubah, lantaran sebagai upaya pengehentian pandemi Virus Corona saat ini.

Antisipasi Corona, Tata Cara Ibadah Umat Katolik di Ambon Berubah, Air Suci & Cium Salib Ditiadakan
(Kontributor TribunAmbon/Helmy)
Tampak depan Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon. (Kontributor TribunAmbon/Helmy) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Helmy

TRIBUNAMBON.COM - Penyebaran virus corona memang hampir mengubah kebijakan serta tata cara, mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

Bukan hanya itu namun dalam sistem beribadah banyak tata cara umat beragama pun turut berubah, lantaran sebagai upaya pengehentian pandemi Virus Corona saat ini.

Salah satunya tata ibadah di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon di mana air suci dan cium salib saat Paskah ditiadakan.

Hal ini disampaikan Pastor Kepala Paroki Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon Patrisius Angwarmas sekaligus Ketua Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Amboina.

Menurutnya perubahan tata cara beribadah ini merupakan kebijakan keuskupan guna mencegah penyebaran virus corona pada saat beribadah.

Angwarmas mengatakan, selain air suci dan cium Salib saat Paskah ditiadakan, juga tata cara salam damai pun ditiadakan.

Biasanya seusai beribadah jemaat saling berjabat tangan, kini dirubah dengan cara mengangkat tangan ke dada dan saling memberi hormat satu dengan yang lainnya.

"Selain Air Suci dan cium Salib, salam damai pun diubah. Jadi hanya memberi hormat tanpa berjaba tangan lagi", terangnya saat ditemui TribunAmbon.com di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon, Jumat (20/3/20).

Angwarmas melanjutkan, tata cara ibadah yang berubah adalah saat sakramen, roti hosti diletakkan di tangan, bukan di lidah umat.

Tampak depan Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon. (Kontributor TribunAmbon/Helmy)
Tampak depan Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon. (Kontributor TribunAmbon/Helmy) ((Kontributor TribunAmbon/Helmy))
Halaman
1234
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved