Virus Corona

Korban Virus Corona di Indonesia Bertambah, Dinkes Kota Ambon Gencar Gelar Sosialisasi Pencegahan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon menargetkan seluruh sekolah harus mendapat edukasi terkait penularan dan pencegahan virus corona.

Korban Virus Corona di Indonesia Bertambah, Dinkes Kota Ambon Gencar Gelar Sosialisasi Pencegahan
(Kontributor TribunAmbon.com/Helmy)
Korban Virus Corona di Indonesia Bertambah, Dinkes Kota Ambon Gencar Sosialisasi Pencegahan. (Kontributor TribunAmbon.com/Helmy) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Helmy

TRIBUNAMBON.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon menargetkan seluruh sekolah harus mendapat edukasi terkait penularan dan pencegahan virus corona.

Hal tersebut dilakukan menyusul empat kasus positif corona terdeteksi di Indonesia sehingga langkah pencegahan harus dilakukan sedini mungkin guna mengantisipasi penyebaran virus yang menjadi momok di seluruh dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy saat ditemui TribunAmbon.com seusai melakukan sosialisasi di SMK Negeri 7 Ambon mengatakan, pencegahan virus corona sendiri harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat terutama anak usia sekolah.

''Mengingat virus ini rentan menyerang anak di usia sekolah lantaran belum memiliki imun tubuh yang kuat, serta kesadaran pola hidup bersih bagi anak yang masih sangat minim jika berada di luar rumah,''jelasnya jumat (6/3/2020).

Lindungi Biota Laut, Adat Sasi Diberlakukan di Negeri Pasinalo, Seram Bagian Barat

Menurut Pelupessy, anak harus teredukasi bagamana cara yang baik dan benar untuk mencegah menularnya virus ini.

Pelupessy menjelaskan, sosialisasi langkah awal ini dilakukan pada tiap sekolah di kecamatan Nusaniwe, kemudian akan merambat seluruh sekolah pada tiap kecamatan di Kota Ambon.

Korban Virus Corona di Indonesia Bertambah, Dinkes Kota Ambon Gencar Sosialisasi Pencegahan. (Kontributor TribunAmbon.com/Helmy)
Korban Virus Corona di Indonesia Bertambah, Dinkes Kota Ambon Gencar Sosialisasi Pencegahan. (Kontributor TribunAmbon.com/Helmy) ((Kontributor TribunAmbon.com/Helmy))

"Diharapkan seluruh sekolah di Nusaniwe bisa tersosialisasi, selanjutnya di Kecamatan Sirimau karena di Sirimau terdapat 112 sekolah dari SD sampai SMA sehingga butuh dua hari melakukan sosialisasi," jelasnya.

Pasien Positif Virus Corona di Indonesia jadi Empat Orang

Dia menargetkan dalam kurun dua minggu, seluruh sekolah di lima kecamatan yang ada di Kota Ambon mendapatkan edukasi pencegahan penyebaran virus corona.

Edukasi yang diberikan berupa cara menerapkan pola hidup bersih serta cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Tak hanya murid, guru juga diberikan sosialisasi oleh pihaknya sehingga secara otomatis banyak masyarakat yang mengetahui cara pencegahan yang benar.

"Seluruh guru dan siswa bersama-sama praktek mencuci tangan dengan 6 langkah yang benar. Bagaimana kita mengingatkan kepada mereka untuk sesering mungkin mencuci tangan," kata Pelupessy.

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved