Pilkada Serentak 2020

Empat Kabupaten 'Spesial' di Maluku Gelar Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Temui Kapolda 

Pilkada serentak empat kabupaten di Maluku, Bawaslu Maluku gandeng Polda Maluku amankan pesta demokraso rakyat

Empat Kabupaten 'Spesial' di Maluku Gelar Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Temui Kapolda 
Kontributor TribunAmbon.com/Insany
Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely(kiri) menemui Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar pada Rabu (4/3/2020). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Insany

TRIBUNAMBON.COM - Menyusul akan digelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) di empat kabupaten di Maluku, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku menggandeng Kepolisian Daerah (Polda) Maluku untuk bersinergi mengamankan proses pilkada. 

Keempat kabupaten  ini memang memiliki ciri khas di antaranya karena berada di wilayah perbatasan, yakni Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru, yang berada di perbatasan Indonesia-Australia-Timor Leste.

Sedang dua kabupaten lainnya yakni Seram Bagian Timur dan Kabupaten Buru Selatan juga memiliki rentang kendali yang cukup jauh dari pusat ibukota provinsi. 

Pemkot Ambon Sediakan 8.000 Blangko E-KTP, Prioritaskan Bagi Warga yang Sudah Rekam Data

Hal ini disampaikan, Ketua Bawaslu Maluku,  Abdullah Ely, setelah melakukan pertemuan dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs Baharudin Djafar, M.Si dan sejumlah pejabat utama di Mapolda Maluku, Rabu (4/3/2020).

 Abdullah Ely mengatakan, untuk membangun sinergitas antara pihak penyelenggara Pemilu (Bawaslu) dengan  Polda Maluku sengaja dilakukan dalam upaya penyelenggaraan pilkada yang lancar, aman dan damai.

"Sudah menjadi sebuah kewajiban kami (Bawaslu), untuk bersilaturahmi dengan pihak kepolisian, apalagi dalam momentum Pemilu maupun Pilkada. Kita bersama Kepolisian akan bersinergi sehingga Pilkada yang ada berlangsung tahun ini dapat berjalan aman, damai dan lancar," jelas Ely. 

Perairan Maluku dari Satelit Google
Perairan Maluku dari Satelit Google (Google)

Abdullah Ely menyebutkan meski dalam Pilkada tahun ini Maluku, tidak lagi dikategorikan sebagai daerah rawan, namun keterlibatan aparat kepolisian dalam membantu pihak penyelenggara sangat dibutuhkan.

"Kesempatan ini juga kami memohon bantuan kepada pak Kapolda dan seluruh jajaran terutama empat kabupaten yang melaksanakan Pilkada tahun ini, agar membantu kami dalam mengamankan segala proses Pilkada sampai pada penetapan kepala daerah terpilih nanti," harapnya.

Soroti Teknis Perhitungan Suara

Halaman
12
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved